Lama Menganggur Setelah Lulus? Tenang

Lama Menganggur Setelah Lulus? Tenang

Lama Menganggur Setelah Lulus? Tenang – Setelah lulus kuliah, orang akan merasa sangat bebas. Hal ini disebabkan karena mereka sudah terlepas dari jadwal perkuliahan yang padat, tugas yang setiap hari menumpuk, dan lain sebagainya. Tetapi keresahan kadang juga muncul seketika wisuda dan euforia kelulusan selesai.

Keresahan tersebut tidak lain adalah : mau ngapain setelah lulus? Mau tidak mau, anda harus segera mendapatkan pekerjaan, dan memiliki penghasilan sendiri. Anda sudah tidak lagi takut jika ditanya oleh keluarga atau teman, “Kamu kerja dimana?”. Padahal anda sedang berusaha mencari pekerjaan yang cocok dengan anda.

Hal tersebut memang pasti terjadi. Bagaimana cara mengatasi keresahan tersebut? Berikut ini adalah beberapa solusi simpel agar anda tidak terlalu memikirkan dan panik dengan situasi tersebut.

Tips Tenang Menganggur Setelah Lulus

1. Pasti Ada Aja Jalannya Kok

Jika anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi sampai saat ini belum ada hasil, maka anda jangan putus asa. Yakin saja kalau semua yang anda usahakan tidak akan sia-sia, dan semuanya pasti ada jalan. Lalu apa yang harus anda lakukan? Selain berusaha, anda juga harus bersabar dan bersabar menunggu semua jalan tersebut terbuka lebar untuk masa depan anda. Baca disini untuk mendapat lowongan pekerjaan dari dunia maya.

2. Gunakan Waktumu Untuk Tentukan Pilihan

Sebelum anda bekerja, tentunya ada memiliki banyak waktu kosong. Jangan manfaatkan waktu tersebut untuk bersedih dan bingung terlalu lama. Tapi, manfaatkan dengan memikirkan jenjang anda yang lebih tinggi. Gunakan juga koneksi dan apa yang anda miliki sekarang untuk melewati waktu kosong anda dengan lebih bermanfaat. Disini kamu bisa mulai membangun bisnis dengan mengerjakan hobi hobi kamu. Misal jika kamu seorang yang kreatif, kamu bisa mulai menjadi content creator atau web designer

3. Jangan Malu Bertanya

Manfaatkan teman-teman anda untuk mencari pekerjaan, tanyakan padanya tentang lowongan dan tempat kerja. Siapa tahu teman anda dapat membantu. Apalagi jika anda sudah memiliki teman yang sudah bekerja, maka mereka akan dengan senang hati memberikan semua informasi yang anda butuhkan sebagai pencari kerja.

4. Berpikir Positif

Jika anda masih sering ditanya dengan pertanyaan yang meresahkan, anda cukup berfikir positif dan menjadi kan pertanyaan tersebut sebagai bahan motivasi anda agar mendapatkan level yang lebih baik daripada yang anda kerjakan sekarang.

 

cockroach-haterdotblogspotdotcom
Mencari Kerja (Sumber : cockroach-hater.blogspot.com)

5. Jangan Pikirkan Apa Yang Orang Katakan

Banyak orang yang berbicara atau bertanya kepada anda tentang pekerjaan anda sekarang, tetapi tidak sedikit juga orang yang hanya asal berkomentar. Jadi, lebih baik anda mengambil sisi positif dari semua yang mereka katakan. Jika anda sudah merasa terganggu dan tersinggung, maka jangan terlalu mengambil hati dari semua yang mereka katakan. Anggap mereka hanya berkomentar, dan anda sendiri yang menentukan masa depan anda.

6. Semua Butuh Waktu

Semua yang ada di dunia ini tidak ada yang instan, termasuk dengan pekerjaan. Jadi, semangat saja dengan apa yang anda sudah lakukan. Jika anda sudah berusaha semaksimal mungkin, anda hanya cukup menunggu waktu, karena semuanya butuh proses, dan butuh kesetiaan anda untuk menuai hasil usaha anda sendiri. Ada saatnya nanti dimana anda akan memilih pekerjaan yang cocok untuk anda. Jadi jangan khawatir ya jika kamu lama menganggur setelah lulus, yang penting selalu berusaha medapat pekerjaan untuk diri sendiri. Semangat!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka