10+ Oleh Oleh Khas Bali yang Paling Diburu Wisatawan

10+ Oleh Oleh Khas Bali yang Paling Diburu Wisatawan – Bali menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Didaerah ini banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempat wisata, di Bali juga tersedia beberapa pilihan oleh oleh yang menarik untuk dibeli. Lantas, apa saja oleh oleh khas Bali? Berikut daftar referensinya.

1. Kain dan Baju Barong Bali 

(Sumber Gambar : www.Neraca.com)

Kain dan baju Bali menjadi pilihan yang paling tahan lama. Kain Bali bisa digunakan sebagai syal, dililit pada pinggang, hingga menjadi selimut. Selain dalam bentuk kain, ada juga baju Bali yang terbuat dari bahan yang sama.

Kain dan baju Bali banyak disukai karena bahannya adem dan motifnya juga cantik. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, Anda bisa membeli kain dan baju Bali ini di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional di Bali.

Jika ingin lebih spesifik, maka baju barong adalah salah satu buah tangan dari Bali yang wajib kamu beli. Baju barong bisa kamu dapatkan di tempat pembelian oleh-oleh khas Bali seperti Krisna, Erlangga, ataupun Pasar Seni Sukawati.

Baju barong benar-benar sudah mendunia, bahkan banyak bule di Bali menggunakan baju baring sebagai pakaian sehari-hari karena kainnya adem.

2. Salak Bali

(Sumber Gambar : www.balinesia.com)

Salak merupakan buah yang mudah dijumpai. Tak hanya itu, variasi buah ini juga sangat banyak. Hampir di setiap daerah memiliki jenis salah yang berbeda. Bali juga memiliki salah yang menjadi ciri khasnya.

Salak Bali menjadi oleh oleh khas Bali yang banyak digemari. Salak dari daerah ini memiliki dua jenis. Pertama, salak biasa yang rasanya masam dengan tekstur daging buah yang tebal. Kedua, salak gula pasir yang rasanya manis, namun daging buahnya lebih tipis dibandingkan salah biasa.

Buah ini banyak dijumpai di daerah seperti Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, harga Salak Bali tidak sama disetiap waktu. Harga buah ini sangat dipengaruhi oleh musim. Saat musim panen harganya cukup terjangkau hanya sekitar 18 ribuan, namun saat tidak musim harganya bisa mencapai 60-90 ribuan.

3. Kopi Kintamani

(Sumber Gambar : www.kopikintamani.com)

Selain kue kering dan buah, oleh oleh khas Bali lainnya yaitu kopi. Di Bali terdapat kopi yang dikenal dengan nama Kopi Kintamani. Kopi ini memiliki rasa unik yang berbeda dari kopi lainnya. Jika Anda pecinta kopi, jangan lupa untuk membeli Kopi Kintamani saat berlibur ke Bali. DI daerah Kintamani sekarang sudah banyak juga beretebaran coffee shop. Kebanyakan coffee shop di Kintamani memang menyajikan kopi kintamani sebagai menu minuman andalan.

4. Pia Legong

(Sumber Gambar : www.picturespedia.com)

Di Bali juga ada makanan khas yang dikenal dengan nama Pia Lengong. Pia Lengong merupakan kue kering yang memiliki rasa mulai dari keju, kacang hijau, hingga cokelat. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang enak. Untuk Anda yang ingin membelinya, silakan datang ke daerah Jalan By Pass Ngurah Rai.

5. Kacang Disco

Kacang Disko Oleh Oleh Khas Bali
Kacang Disko Oleh Oleh Khas Bali (Sumber Gambar : www.balinesia.com)

Jajanan ini merupakan olahan kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung dan bumbu, kemudian digoreng. Proses pengolahan tersebut yang membuatnya memiliki rasa yang renyah degan rasa yang enak. Rasa dari makanan ini cukup beragam, mulai dari manis hingga rasa udang. Sama seperti Pie Susu, apabila Anda ingin mencicipi makanan ini, maka Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Bali.

6. Sandal Etnik Bali

(Sumber Gambar : www.harrisshop.com)

Oleh-oleh khas Bali lainnya yang bisa kamu jadikan buah tangan yaitu sandal etnik yang cantik. Sandal ini bisa kamu temui di pusat oleh-oleh atau pasar seni. Sandal etnik ini dihiasi dengan payet atau manik-manik dan ditata sedemikian rupa agar terlihat cantik. Cocok untuk kalian gunakan saat di saat santai.

7. Bali Home Spa

(Sumber Gambar : www.spabali.com)

Selain makanan dan baju, produk oleh-oleh lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah produk home spa. Dengan produk ini kamu bisa melakukan spa di rumah sendiri tanpa harus ke salon untuk perawatan. Produk home spa sendiri memiliki berbagai macam merek dan kamu bisa memilihnya sendiri. Untuk varian produk ada body butter, body scrub, body lotion, body mist dan shampo. Produk-produk ini bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh khas bali.

8. Pia Bintang

(Sumber Gambar : www.balinesia.com)

Selain pia legong, di Bali juga ada pia bintang. Pia bintang ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang cukup melegenda. Kue ini sudah ada sejak tahun 60-an dan sampai saat ini masih diburu oleh wisatawan. Pia bintang ini memiliki berbagai macam varian rasa yaitu kopi, kacang ijo, wijen, keju, cokelat dan durian.

9. Kacang Rahayu – Oleh Oleh Khas Bali

Kacang Rahayu Oleh Oleh Khas Bali (Sumber Gambar : www.majicsave.com)
Kacang Rahayu Oleh Oleh Khas Bali (Sumber Gambar : www.majicsave.com)

Tak hanya kacang disco saja yang menjadi buah tangan dari Bali, namun ada juga kacang rahayu. Kacang rahayu merupakan kacang legend dari Bali. Satu kotak kacang rahayu 250gr dibandrol mulai harga Rp25.000. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa langsung ke tokonya yang terletak di jl. Gatot Subroto Tengah no 59 c Denpasar, buka mulai 08.30 WITA – 21.00 WITA

10. Kerajinan Manik-manik

(Sumber Gambar : www.baliproducts.com)

Jika berlibur ke Bali jangan lupa juga untuk membeli kerajinan tangannya yang terbuat dari manik-manik. Kerajinan ini biasanya dibentuk menjadi gelang, kalung, cincin dan lainnya. Kerajinan ini bisa kamu jadikan buah tangan buat keluarga atau teman kamu nantinya.

11. Bali Banana

Bali Banana, Oleh Oleh Pisang Dari Bali
Varian Rasa Bali Banana | Image Source : https://www.instagram.com/bali.banana

Bali Banana adalah bolu yang terbuat dari olahan pisang mirip dengan cake, jadi aroma pisang yang tercium sangat kuat dan khas. Dengan tekstur yang lembut, kamu akan dibuat ketagihan dengan kenikmatan makanan satu ini. Makanan oleh oleh khas Bali ini berukuran tak lebih dari 30cm, sehingga sangat mudah di bawa.

Harga Bali Banana dibandrol mulai dari 35ribu hingga 45ribu tergantung dari varian rasa yang kamu pilih. Kamu bisa membeli Bali Banana di terminal keberangkatan Bandara Ngurah Rai atau di Jalan Dewi Sri No. 45 B, Kuta.

12. Baju Joger

Toko Joger Bali
Toko Joger Bali

Kaos pabrik kata kata Joger merupakan salah satu destinasi wisatawan untuk membeli oleh oleh untuk kerabat atau keluarga. Lokasi yang strategis di dekat bandara di area Kuta menjadikan Toko baju Joger Bali tidak pernah sepi pengunjung. Kaos kata kata ini sangat khas dan tulisan tulisan yang terdapat pada kaos memnag kebanyakan terkesan lucu. Harga baju joger berada di kisaran harga 100ribu hingga 250ribu.

Bagi kamu yang akan liburan ke Bali jangan lupa 10+ Oleh Oleh Khas Bali yang Paling Diburu Wisatawan, dan bisa kamu jadikan referensi untuk hadiah keluarga atau pun teman.

 

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka