Makna Waisak dan Contoh Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak

Makna Waisak dan Contoh Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak

Makna Waisak dan Contoh Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak – Perayaan Hari Raya Waisak merupakan hari yang disucikan dan dimuliakan oleh umah Buddha di seluruh dunia. Perayaan Vesak di Indonesia biasanya berpusat di kawasan Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Perayaan yang diperingati setiap tahun itupun berjalan dengan sakral.

Hari Raya Waisak jatuh pada :

  • 23 Mei 2024: Hari Raya Waisak 2568

Makna Hari Raya Waisak

Makna Waisak dan Contoh Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak | Image Source : shutterstock.com

Perayaan hari raya Waisak, dalam kalender Buddhis biasanya jatuh pada bulan Mei menurut kalender Masehi. Kata Waisak berasal dari bahasa Pali yaitu “Vesakha” dan dalam bahasa Sansekerta disebut dengan “Vaisakha”.

Baca juga : Kalender Bali 2024

Di kalangan Umat Buddha sering disebut dengan Tri Suci Waisak. Bukan tanpa alasan, pemberian nama tersebut sehubungan oleh tiga peristiwa penting yang semuanya terjadi di bukan “Vesakha” yang bertepatan dengan hadirnya bulan purnama. Berikut ini tiga peristiwa penting yang diperingati pada hari raya Waisak :

1. Kelahiran Pangeran Sidharta

Pangeran Sidharta merupakan putra dari seorang Raja yang bernama Raja Sudodhana dan seorang Permaisuri yang bernama Ratu Mahamaya. Beliau lahir ke dunia sebagai Bodhisatva atau calon Buddha, yang dikenal sebagai seseorang yang akan mencapai kebahagian tertinggi. Pangeran Sidharta lahir di Taman Lumbini pada tahun 623 SM.

2. Mencapai Penerangan Sempurna

Menginjak usia 29 tahun, Pangeran Sidharta pergi meninggalkan istana dengan anak dan istrinya. Beliau menuju hutan untuk mencari kebebasan dari 4 peristiwa yang beliau lihat, yakni lahir, tua, sakit dan mati. Pada usia 35 tahun, tepat pada saat datangnya purnama Sidgi di bulan Waisak, akhirnya petapa Sidharta mencapai penerangan sempurna atau menjadi Sang Buddha.

3. Parinibbana

Selama 45 tahun Sang Buddha menyebarkan Dhamma, yang dikutip dari berbagai sumber merupakan sumber abadi. Lalu di usia 80 tahun, beliau wafat atau yang disebut dengan Parinibbana, di Kusinara. Semua mahluk dan Para Dewa serta anggota Sanggah bersujud sebagai tanda penghormatan terakhir kepada Sang Buddha.

Begitulah sejarah singkat mengenai Makna Hari Raya Waisak bagi Umat Buddha. Untuk memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak, umat Buddha biasanya pergi ke Vihara melakukan Puja-Bhakti. Bertujuan untuk mengingat kembali ajaran Sang Buddha.

Ucapan Hari Raya Waisak

Makna Waisak dan Contoh Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak | Image Source : shutterstock.com
  1. Semoga mahluk yang hidup akan selamanya dalam kebahagiaan. Serta kebebasan dari segala kebencian bahkan permusuhan di dunia ini. Selamat Hari Tri Suci Waisak.
  2. May your life be full of blessing on this day of enlightenment. Wisah yous anda your familu enjoy the beauty of Vesak 2565 BE.
  3. Semoga semua mahluk hidup selamanya dalam kebahagiaan dan bebas dari kebencian serta permusuhan. Selamat Hari Raya Waisak.
  4. Selamat Hari Waisak kepada seluruh umat Buddha di dunia! Wishing you a Happy Waisak Day for all Buddhists across the world!
  5. Selamat Hari Raya Waisak untuk semua saudara umat Buddha, damai di hari, damai di bumi pertiwi. Berbahagaialah bersama dalam naungan Pancasila, meski berbeda tetap saudara.
  6. Marilah merayakan Trisuci Waisak dalam damai dan ketenangan. Semoga kita semua diberikan cahaya Waisak yang suci.
  7. Dibalik kegelapan, ada terang, dibalik kegelapan ada kebijaksanaan. Semoga Sang Buddha senantiasa membimbing ke jalan kemulian. Selamat memperingati Hari Suci Waisak.
  8. Selamat Hari Raya Waisak bagi seluruh umat Buddha! Semoga hidup ini selalu dipenuhi dengan berkah.
  9. Selamat merayakan Hari Tri Suci Waisak 2565 BE. Semoga kedamaian dan kebahagiaan selalu menyertai.
  10. Amalkanlah selalu ajaran Sang Buddha, agar senantiasa memperoleh kebahagiaan dan ketentraman. Selamat Hari Buddha Purnima.

Sekian artikel tentang Makna dan Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan mencari ucapan hari raya waisak yang bagus. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali Blog.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka