Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Benar

Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Benar

Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Benar – Menyelesaikan masa studi di bangku kuliah ternyata bukan akhir dari segalanya. Justru, menyelesaikan studi kuliah adalah awal dari segalanya. Dunia baru dan perjalanan baru akan dimulai dari sini. Pikiran kalian sudah bukan lagi soal mau memilih jurusan apa, tetapi mau berkarir di dunia apa. Apakah menjadi pegawai negeri, menjadi pegawai swasta, atau menjadi pengusaha?

Kebanyakan orang mungkin memilih untuk bekerja dengan orang lain dulu di suatu perusahaan. Entah untuk memantapkan karir atau menambah ilmu sebelum nantinya membuka usaha sendiri. Bagi kalian yang baru saja menyelesaikan studi perkuliahan dan hendak melamar pekerjaan, mungkin ada beberapa hal yang perlu disiapkan, namun masih awam bagi kalian. Salah satunya adalah surat lamaran kerja. Dalam artikel ini akan membahas tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja. Yuk simak!

1. Mengenal surat lamaran kerja

Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Benar
Ilustrasi Membuat Surat Lamaran Kerja | Image Source : Pexels.com

Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat resmi yang disampaikan ke suatu perusahaan atau perorangan dalam rangka melamar pekerjaan. Dalam formatnya, surat lamaran kerja biasanya berbentuk sebagai surat pengantar atas berbagai lampiran lain sehingga menjadi satu berkas lamaran kerja.

2. Mengetahui format lamaran yang diminta

Membuat Surat Lamaran Kerja
Membuat Surat Lamaran Kerja | Image Source : Pexels.com

Dalam membuat surat lamaran kerja, kalian perlu memperhatikan dan membaca dengan seksama informasi yang dituangkan dalam lowongan kerja yang akan kalian apply. Seperti misalnya lamaran ditujukan kepada siapa, kemudian posisi yang dibuka apa, hingga format-format khusus yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Jangan sampai karena tidak membaca dengan seksama, kalian justru menyeleweng dari ketentuan yang sudah dibuat. Ini akan membuat HRD perusahaan yang bersangkutan mencoret surat lamaran kalian karena dinilai sudah tidak sesuai dengan yang diminta.

3. Menulis surat lamaran

Menulis surat lamaran
Ilustrasi Membuat Surat Lamaran Kerja | Image Source : Shutterstock.com

Surat lamaran lebih baik ditulis dengan kata-kata baku yang bisa kalian rujuk pada KBBI. Selain baku, gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami. Gunakan kalimat efektif sehingga tidak menghabiskan waktu HRD untuk membaca surat kalian. Selain itu, kalian juga harus menyampaikan lamaran kalian dengan to the point dan jelas. Setelah selesai menulis surat lamaran, baca lah sekali lagi dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Khususnya identitas kalian, serta tujuan surat dan posisi yang kalian lamar. Perhatikan juga tata bahasa yang kalian gunakan agar tidak mengulang pernyataan yang sama berkali-kali. Jika kalian menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

Contoh Surat Lamaran Kerja agar dilirik HRD

Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa point kunci untuk menulis nya agar HRD perusahaan melirik dan memperhatikan lamaran kerjamu. Berikut adalah point – pointnya :

  1. Mencantumkan tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Mencantumkan perihal surat tersebut beserta jumlah lampiran
  3. Menuliskan kepada siapa surat itu ditujukan dengan mencantumkan nama beserta gelar atau jabatan dan alamat lengkap perusahaan.
  4. Mencantumkan salam hormat
  5. Menuliskan kata pengantar atau pembukaan yang berisikan informasi dimana kita mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang kita lamar dan dituliskan posisi yang dilamar.
  6. Mencantumkan biodata pribadi yang berisi nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, alamat, nomer telepon yang dapat dihubungi.
  7. Menuliskan pengalam kerja dan kemampuan yang dimiliki
  8. Menuliskan dokumen apa saja yang dilampirkan sebagai bahan pertimbangan
  9. Penutup yang berisikan ucapan terimakasih.

Nah itu dia hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja. Baca juga artikel 3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja dan Artikel Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar untuk menambah wawasan kalian sebelum menghadapi dunia kerja. Semoga artikel ini membantu! Atau jika ingin melihat contoh surat lamaran kerja di berbagai bidang klik disini.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka