5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif – Rasa jenuh akan timbul ketika melakukan pekerjaan secara rutin. Wajar saja, hal ini disebabkan sebagain besar waktu juga dihabiskan untuk bekerja. Namun, jangan jadikan hal ini alasan menurunkan produktivitas dalam bekerja. Kamu juga harus memastikan kualitas kerjamu tetap baik agar tidak mempengaruhi hasil kerja.

Untuk kamu yang kerap merasakan jenuh ketika bekerja, kami akan berikan cara mengatasi hal tersebut. Terlebih rasa jenuh yang kalian rasakan memberikan dampak pada kinerja kamu, tentu hal tersebut haruslah diatasi. Berikut kami akan rangkum beberapa cara mengatasi rasa jenuh yang sangat efektif.

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja

1. Buat target baru dalam bekerja

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif
Ilustrasi Target Dalam Bekerja | Image Source : iStockphoto.com

Untuk menghilangkan rasa jenuh saat bekerja, kamu dapat mencoba untuk menciptakan target baru dalam pekerjaan dan melakukan perubahan. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk mendapatkan tujuan baru yang diciptakan dalam pekerjaan.

Profesor di University of Louisville, Andreas Elidorou mengatakan bahwa rasa jenuh dapat menjadi pertanda bahwa pekerjaan yang dikerjakan tidak mengalami perubahan dalam hal apapun, termasuk ilmu yang di dapatkan.

2. Belajar kemampuan yang lainnya

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif
Ilustrasi Seminar | Image Source : iStockphoto.com

Ada baiknya jika kamu terus mengasah kemampuan dalam dunia kerja, misalnya mengikuti seminar di luar kantor. Dilansir dari Life Hack, kamu dapat mencoba untuk mengasah kemampuan pada bidang yang berbeda dengan pekerjaanmu saat ini.

Kamu bisa mencoba belajar hal lain yang selama ini tertunda untuk dikerjakan, misalnya mempelajari bahasa lain. Ini tentu baik untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki.

3. Buat rencana liburan

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif
Ilustrasi Rencara Liburan | Image Source : iStockphoto.com

Jika kamu merasa jenuh dalam bekerja, cobalah untuk membuat rencana liburan. Berlibur menjadi cara yang efektif untuk mengatasi rasa bosan dalam pekerjaan dan meningkatkan produktivitas saat kembali bekerja. Jadi periksa dulu hak cuti dan siapkan waktu yang tepat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga.

4. Mengubah rutinitas yang biasa dilakukan

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif
Ilustrasi Makan Siang Bersama Teman Kantor | Image Source : iStockphoto.com

Jika pekerjaanmu dapat dikerjakan dimana saja, cobalah untuk mengganti suasana bekerja. Mungkin kamu bisa bekerja dari coffee shop atau kafe yang nyaman. Namun, tetap pastikan produktivitas tidak terganggu dengan kondisi ini.

Atau mungkin kamu bisa juga memanfaatkan waktu makan siang di luar kantor, seperti di restoran favorit bersama teman kantor untuk menemukan suasana baru. Kegiatan ini juga dapat membuat hubungan dengan teman kantor menjadi lebih akrab.

5. Atur ruangan atau meja kerja dengan rapi

5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif
Ilustrasi Meja Kerja | Image Source : iStockphoto.com

Jika kamu merasa jenuh bekerja, cobalah untuk memperhatikan situasi tempat bekerjamu. Tempat kerja yang nyaman juga akan membuat suasa bekerja menjadi lebih nyaman dan begitupun sebaliknya. Jadi cobalah untuk merapikan ruangan atau meja kerjamu.

Kamu dapat menatanya dengan menambahkan tanaman hias pada meja kerja. dilansir sar Forbes, meletakan tanaman hijau yang sesuai dengan ukuran meja kerja, dapat membantu untuk menurunkan risiko gangguan kecemasan dan tingkat stress yang tinggi.

***

Sekian 5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja Yang Efektif, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Tetap semangat dan ikuti cara diatas jika kamu merasakan jenuh saat bekerja. Simak informasi menarik lainnya tentang dunia kerja hanya di Lokerbali.info Blog.

Terima kasih telah membaca, semangat!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka