5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Di era globalisasi seperti sekarang ini, sepertinya Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang sangat lumrah. Baik dalam pergaulan sehari-hari atau dalam dunia kerja, kemampuan Bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah seseorang. Bahasa Inggris sudah bukan hanya sekadar untuk pamer atau sok kebule-bulean. Melainkan sudah menjadi persyaratan dalam melamar pekerjaan. Tidak sedikit orang-orang yang beranggapan bahwa belajar Bahasa Inggris itu butuh biaya besar. Bahkan, masih ada beberapa anak muda yang akan memasuki dunia kerja menyepelekan kemampuan Bahasa Inggris dan enggan untuk belajar karena beranggapan belajar Bahasa Inggris itu elit. Padahal sebenarnya, belajar Bahasa Inggris itu bisa kapan pun dan dimana pun loh! Nah bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, jika kalian memiliki kemampuan Bahasa Inggris, kalian tentu akan lebih dipertimbangkan untuk diterima. Apalagi jika kalian ingin bekerja di perusahaan besar. Tidak sedikit dari perusahaan besar dan ternama menjadikan kemampuan berbahasa Inggris sebagai syarat utama. Lalu bagaimana jika kalian ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan sederhana? Yuk baca tips 5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris!

1. Memahami Grammar dalam Bahasa Inggris

 

5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
Sumber: Pexels.com

 

Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kalian, pertama yang harus kalian pahami adalah tentang grammar. Ibarat membangun rumah, menguasai grammar dalam Bahasa Inggris adalah fondasi untuk memperkuat kemampuan Bahasa Inggris kalian. Sekarang ini sudah banyak sekali percetakan-percetakan yang menerbitkan buku untuk belajar grammar. Setelah mempelajari grammar, mulai lah untuk melatih diri dengan menjawab soal-soal seputar grammar. Sama seperti buku untuk belajar grammar, buku untuk latihan soal grammar juga sangat mudah ditemui di toko-toko buku. Dengan memiliki kemampuan grammar yang baik, maka nilai jual kemampuan Bahasa Inggris kalian sudah akan dipertimbangkan oleh perusahaan tempat kalian melamar!

2. Perbanyak kosa kata Bahasa Inggris

 

5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
Sumber: Pexels.com

 

Untuk dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, tentu kalian harus mengetahui kosa kata dalam Bahasa Inggris dong! Semakin banyak kosa kata yang kalian tau, semakin mudah juga kalian menyusun kalimat untuk menyampaikan sesuatu dalam Bahasa Inggris. Memperbanyak kosa kata bisa dilakukan dengan membiasakan diri membaca tulisan berbahasa Inggris. Bisa dimulai dari yang sederhana, seperti caption Instagram, tweet artis internasional, iklan berbahasa Inggris, koran, komik, novel berbahasa Inggris, dan bacaan lainnya yang kalian sukai.

3. Mulai biasakan menonton film dengan Bahasa Inggris tanpa subtitle

 

5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
Sumber: Pexels.com

 

Setelah memiliki kosa kata yang cukup banyak dan memahami tentang grammar, saatnya kalian melatih kemampuan mendengar kalian. Pada umumnya, aksen tiap-tiap orang akan mempengaruhi tingkat kejelasan mereka mengucapkan sesuatu dalam bahasa Inggris. Hal tersebut biasanya membuat kita sebagai pendengar agak susah memahami maksud yang disampaikan orang lain dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu, sering-seringlah latih kemampuan mendengar kalian. Salah satu cara sederhana yang bisa kalian lakukan adalah dengan menonton film atau youtube channel berbahasa Inggris tanpa subtitle! Cobalah pahami kata demi kata yang diucapkan dengan menyesuaikan konteks pembicaraan pada film atau youtube channel berbahasa Inggris yang sedang kalian tonton. Semakin sering kalian latih, semakin meningkat juga kemampuan mendengar kalian. Atau yang lebih sederhana lagi, mulai dari mendengarkan lirik lagu Bahasa Inggris!

4. Follow akun-akun sosial media yang mengajarkan Bahasa Inggris

 

5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
Sumber: Pexels.com

 

Nah ini dia, cara yang sangat sederhana yang bisa membantu kalian belajar Bahasa Inggris kapan pun dan dimana pun. Di jaman yang serba online seperti sekarang ini, tentu kalian sebagai anak muda punya akun sosial media kan? Sebut saja Instagram! Di instagram banyak sekali akun-akun positif yang bisa kalian follow dan manfaatkan untuk belajar. Salah satunya untuk belajar Bahasa Inggris. Kalian bisa follow akun-akun positif seperti ini dan belajar dari sana ketika kalian sedang gabut. Jadi gadget kalian jangan hanya digunakan untuk gaya-gayaan dan follow akun tidak penting. Gunakanlah gadget dan sosial mediamu dengan bijak!

5. Bicara menggunakan bahasa Inggris

 

5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
Sumber: Pexels.com

 

Terakhir, mulailah latih kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan membiasakan percakapan dengan Bahasa Inggris. Mungkin kalian bisa belajar bersama teman kalian dan membuat kesepakatan untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Dengan demikian, lidah kalian akan terbiasa dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Ingat, practice makes perfect. Kalau tidak dilatih terus, kapan bisanya?

Nah itu dia 5 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris yang bisa kalian terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat! Baca juga: Pentingnya Memiliki Hobi

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka