Cara Tingkatkan Bahasa Inggris untuk Persiapan Dunia Kerja

Cara Tingkatkan Bahasa Inggris untuk Persiapan Dunia Kerja

Sekarang ini, seseorang tidak bisa bepergian ke luar negeri tanpa memiliki pengetahuan dasar bahasa Inggris. Hal ini karena bahasa Inggris telah dijadikan sebagai bahasa global yang menjadi sarana komunikasi antara berbagai negara maupun budaya.

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tentunya diperlukan untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari, seperti melakukan presentasi, menjalankan rapat, mengirim email, dan menulis laporan. bahasa Inggris juga merupakan alat yang penting dalam bersosialisasi dalam acara-acara internasional dan pertemuan dengan para klien.

Meningkatkan kinerja yang lebih akan menghasilkan bentuk komunikasi yang lebih efektif dalam lingkungan kerja. Bahasa Inggris juga banyak digunakan untuk membuat sebuah CV yang menarik, khususnya untuk para lulusan baru atau fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan yang terbaik.

Ada berbagai cara dalam menajamkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Beberapa di antaranya adalah menonton serial TV berbahasa Inggris, latihan berbicara dengan teman, membaca buku, dan mendengarkan berita dalam bahasa Inggris.

Sumber: Pexels.com/@pixabay

 

Terlepas dari apa pun posisi atau pekerjaan Anda, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sudah menjadi sebuah keharusan sekarang. Oleh karena itu, simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris Anda.

Ikut kursus dan kelas bahasa Inggris

Cara ini merupakan metode yang paling jitu untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda. Kursus akan mengajarkan Anda mulai dari teori dasar, kata-kata yang kerap digunakan, hingga percakapan yang sering dipakai dalam dunia profesional.

Khusus bagi Anda yang ingin belajar Inggris secara formal, Anda bisa mencari kursus yang memberikan materi dalam menulis laporan atau surat resmi. Kursus-kursus ini bisa Anda lakukan via online dari rumah hanya berbekal laptop atau mengikuti kursus tatap muka yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

Baca majalah dan buku berbahasa Inggris

Membaca konten berbahasa Inggris akan secara langsung meningkatkan kemampuan Anda dalam membaca dan memahami kosa kata baru. Tidak hanya itu, artikel-artikel ini juga bisa membantu Anda terus mengikuti berita terbaru dan tren yang sedang hangat dibicarakan.

Walau begitu, banyak yang tidak terlalu menyukai ide ini sebab orang-orang akan langsung berasumsi bahwa aktivitas ini merupakan cara yang mahal untuk belajar. Tidak perlu mengeluarkan uang atau modal yang besar, Anda bisa membaca artikel dari lama berita luar negeri, majalah online, dan blog-blog para ahli.

Jangan pernah berhenti dan terus latihan

Cara termudah dan yang paling efektif dalam mengembangkan kemampuan verbal Bahasa Inggris adalah dengan melatih diri Anda sendiri dalam bahasa Inggris. Cari tahu kendala apa saja yang Anda temukan dan latih diri Anda di sana.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam membaca, Anda bisa meluangkan beberapa jam setiap hari untuk coba membaca. Sama halnya jika Anda merasa kesulitan dalam menulis, Anda bisa meluangkan waktu setiap hari untuk menulis jurnal atau tulisan ringan membahas kegiatan di hari tersebut. Dengan mendorong diri Anda untuk melakukan hal-hal tersebut, Anda akan menjadi terbiasa dan merasa lebih nyaman berekspresi dalam bahasa Inggris.

Sumber: Pexels.com/@growthgal

 

Menonton film, tontonan, dan video yang berhubungan dengan profesi Anda

Tidak hanya berbahasa Inggris, akan lebih baik jika Anda menonton dan menyaksikan konten-konten yang berhubungan dengan pekerjaan atau posisi yang Anda incar. Serial TV yang Anda tonton akan membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sekaligus memperdalam ilmu yang Anda miliki dalam profesi tersebut.

Anda bisa memulai dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris dan pelan-pelan berusaha untuk mendengarkan dialog para pemain tanpa membaca subtitle lagi. Dengan melakukan kegiatan ini secara teratur akan memperluas kosa kata Anda dan keterampilan untuk mendengarkan dalam bahasa Inggris.

Tidak perlu khawatir dan nikmati prosesnya

Satu bumbu rahasia utama dalam mempelajari sesuatu hal yang baru adalah dengan menikmati seluruh proses belajarnya. Jangan terlalu membawa stres karena Anda tidak merasa memperoleh banyak peningkatan setiap harinya, Pastikan Anda tetap termotivasi untuk terus belajar dan mempelajari hal-hal baru. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani selama belajar dan mendapatkan diri Anda berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan percaya diri.

Mungkin Kamu Juga Suka