Contoh Surat Permohonan Mengurus Cuti Kuliah

Bukan hanya di dunia kerja saja yang mengenal adanya cuti melainkan di kampus juga. Karena beberapa alasan, seorang mahasiswa bisa dan boleh saja mengambil cuti kuliah dari kampusnya. Syaratnya tentu mahasiswa yang bersangkutan harus membuat dan mengajukan contoh surat permohonan cuti kuliah. Dengan begitu maka sejak surat pengajuan disetujui artinya haknya sebagai mahasiswa hilang sementara.

Pengajuan surat untuk mengambil cuti kuliah tentu saja harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Selain itu surat pengajuan juga harus dilengkapi dengan berbagai lampiran yang disyaratkan. Mengapa semua prosedur dan perlengkapannya harus dilakukan serta dipenuhi? Karena memang surat izin cuti kuliah adalah sesuatu yang sifatnya resmi dan formal.

Membuat surat pengajuan permohonan cuti kuliah sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenis surat resmi lainnya. Selama dalam permohonan tersebut mengandung komponen surat resmi maka sudah bisa digunakan. Agar lebih jelas berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut tentang surat cuti kuliah.

Komponen atau Bagian Surat

Membuat surat yang sifatnya formal dan resmi untuk diajukan kepada instansi seperti kampus tentunya tidak bisa sembarangan. Surat resmi harus mencantumkan beberapa komponen yang dibutuhkan. Dalam surat pengajuan permohonan izin cuti kuliah harus mencantumkan beberapa hal, yaitu :

  • Nomor surat yang terdiri dari urutan penulisan, kode surat, tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat.
  • Jumlah lampiran yang disertakan dalam surat.
  • Perihal yaitu pokok tujuan surat dibuat.
  • Alamat yang dituju yaitu pihak kampus,
  • Salam pembukaan surat.
  • Isi surat yang terdiri dari bagian pembuka, isi inti dan penutup.
  • Salam penutup surat sebagai bentuk kesopanan.
  • Nama dari pengirim disertai dengan tanda tangan.
  • Tembusan kepada pihak yang berkepentingan.

Contoh Surat Cuti Kuliah

1. Contoh Surat Cuti Bersifat Formal

Ketika anda ingin mengajukan cuti kuliah, maka anda harus memikirkan alasan dari cuti tersebut. Apapun alasan anda, maka sebaiknya mengatakan dengan jujur kepada pihak kampus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 15 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 3 Lembar

 

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
NIM : 89785674
Jurusan : Ilmu Matematika
Semester : VI (Enam)
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti kuliah selama 2 (dua) semester, yaitu semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020.

Adapun alasan saya mengajukan permohonan cuti akademik adalah sehubungan dengan kecelakaan yang baru saja saya alami, dan menyebabkan saya harus menjalani perawatan intensif di luar kota, dan tidak memungkinkan untuk mengikuti proses perkuliahan dalam waktu yang lama. Bersama ini saya sudah melampirkan surat keterangan dokter dan juga fotocopy bukti pembayaran biaya kuliah semester 4 dan semester 5.

Demikian surat permohonan cuti kuliah ini saya ajukan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2 Contoh Surat Cuti Kuliah Karena Sakit

Semua orang tentu tidak suka jika harus menderita suatu penyakit. Namun apabila anda menderita suatu penyakit dan butuh waktu lama untuk memulihkannya, maka anda pun bisa mengajukan permohonan cuti kuliah kepada pihak kampus anda. Anda pun bisa menggunakan surat permohonan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 17 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

 

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik
di Tempat

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dewi Cahaya
NIM : 876535458
Fakultas : Administrasi
Jurusan : Administrasi Negara
Semester : IV (Empat)
Alamat : Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti akademik selama 2 semester, terhitung semester 5 dan semester 6, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan saya yang sedang menurun dan butuh banyak istirahat dalam jangka waktu yang lama. Bersama dengan surat ini, saya pun sudah melampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat permohohonan cuti akademik ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Cuti Kuliah Karena Melahirkan

Dalam dunia pekerjaan, anda sudah harus menjalani cuti dalam 1.5 bulan menjelang waktu persalinan, yang bisa anda ajukan dengan menggunakan surat cuti melahirkan. Untuk anda para mahasiswi yang hendak melahirkan juga alangkah baiknya segera mengajukan cuti kuliah, agar bisa fokus pada persalinan dan merawat bayi untuk sementara waktu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat cuti kuliah karena melahirkan di bawah ini.

Medan, 17 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

 

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas Sospol
di Tempat

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dewi Cahaya
NIM : 9876574634
Fakultas : Sospol
Jurusan : Ilmu Sosial
Semester : VI (Enam)
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti akademik selama 2 semester, yakni semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan waktu persalinan saya yang sudah semakin dekat, dan agar saya bisa fokus dalam proses persalinan dan merawat bayi untuk sementara waktu. Bersama surat ini, saya sudah melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter kandungan.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

4. Contoh Permohonan Cuti Kuliah Karena Menikah

Keputusan menikah adalah hak dari setiap orang. Walaupun anda merupakan seorang mahasiswa/i, mungkin saja anda harus memutuskan untuk menikah dikarenakan berbagai alasan. Dan hal ini tentu saja menyita waktu anda.

Maka dari itu, tidak ada salahnya juga bagi anda untuk mengambil cuti kuliah sementara waktu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 20 Juni 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 2 Lembar

 

Kepada Yth,
Rektor Universitas Negeri Medan
Cq. Dekan Fakultas Teknik
di Tempat

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
NIM : 876746564345
Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik Mesin
Semester : IV (Enam)
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti akademik selama 2 semester, yakni semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan saya harus menikah di kampung dan butuh banyak persiapan serta waktu. Bersama dengan surat ini, saya pun sudah melampirkan fotocopy bukti pembayaran uang kuliah semester 5 dan semester 6.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

 

5. Surat Permohonan Cuti Kuliah Karena Hamil

Banyak wanita yang sudah berkeluarga melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Akibatnya, anda pun mungkin terpaksa harus mengambil cuti ketika sedang hamil, dimana harus butuh banyak istirahat dan pikiran yang lebih santai. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 19 Juni 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

 

Kepada Yth,
Rektor Universitas Negeri Medan
Cq. Dekan dan Wakil Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
NIM : 87655646
Fakultas : MIPA
Jurusan : Biologi
Semester : VI (Enam)
Alamat : Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti akademik selama 2 semester, yaitu semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan saya sedang mengandung anak pertama, yang harus membutuhkan banyak istirahat dan pikiran yang lebih tenang. Bersama dengan surat ini, saya pun sudah melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter kandungan.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

Demikian artikel mengenai Contoh Surat Permohonan Mengurus Cuti Kuliah  yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima Kasih.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka