Kapan Sih Harus Cuti? Ini Tandanya

Kapan Sih Harus Cuti? Ini Tandanya – Pekerjaan memang kadang menyita waktu, terlebih lagi jika ada deadline yang menumpuk, semakin membuat kalian tidak punya waktu untuk ‘bernafas’ sejenak. Fokus dengan pekerjaan memang bagus, tapi jangan sampai membuat kalian lupa waktu. Benar kan kalau kalian butuh liburan? Atau mungkin sekedar istirahat sejenak?

Memang agak mustahil untuk kalian mengambil jatah cuti saat pekerjaan sedang menumpuk. Tapi justru saat itu adalah waktu yang paling tepat untuk beristirahat. Bukan untuk lari dari pekerjaan atau masalah, tapi cuti malah akan mengembalikan stamina dan semangat kerja kalian. Nah, kapan sih harus cuti? Ini tandanya!

1. Pekerjaan Tidak Pernah Habis

Apakah kalian pernah merasa kalau pekerjaan kalian tidak habis-habis? Nah, itu salah satu tanda kalau kalian harus segera mengambil jatah cuti. Jika akhirnya jadi banyak kerjaan yang menumpuk untuk dikerjakan, mungkin itu berarti cara kerja kalian sudah tidak efisien lagi untuk menangani pekerjaan yang menumpuk. Berlibur bisa jadi solusi yang terbaik untuk mengembalikan efiesiensi waktu, demi mengembalikan sistem kerja yang efisien.

 

blogkarircom
Sumber : blogkarir.com

2. Lupa Kapan Terakhir Liburan

Ya, jika kalian sudah lupa kapan terakhir lepas dari pekerjaan, berarti kalian sudah ‘lama’ tidak bersenang-senang. Setelah sekian lama kalian fokus bekerja, kalian juga harus kembali fokus untuk melepaskan diri dari pekerjaan, sementara. Memfokuskan pikiran pada apa yang sedang dikerjakan adalah salah satu cara untuk menghindari stress. Jadi manfaatkan waktu berlibur kalian dan buang jauh-jauh pikiran yang berhubungan dengan pekerjaan. Jangan pusatkan dunia dan pikiran hanya kepada pekerjaan saja.

 

idntimescom
Sumber : idn.times.com

3. Mudah Marah

Mudah marah-marah adalah pertanda bahwa tingkat stres sudah tinggi. Kerjaan yang menumpuk, suasana kantor yang kurang menyenangkan, target yang belum tercapai dan deadline di depan mata bisa menjadi penyebab stress. Jika sudah seperti tersebut, siap-siaplah berlibur untuk menyegarkan pikiran. Stress yang berlebih bisa menyebabkan penyakit juga lho!

 

Kapan Sih Harus Cuti? Ini Tandanya | Sumber : Pexels.com
Kapan Sih Harus Cuti? Ini Tandanya | Sumber : Pexels.com

4. Merasa Lelah dan Sering Sakit

Selain murah marah, kalau kalian sudah merasa lelah dan tiba-tiba sakit, maka kalian perlu istirahat. Terlalu berlebihan dalam bekerja akan membuat stamina kalian menjadi berkurang, dan bahkan bisa jatuh sakit. Kalian perlu beristirahat sejenak agar stamina tidak habis di pekerjaan saja. Jika sudah merasa lelah, ambil cuti boleh kok.

Hal lain yang juga mungkin mempengaruhi kalian agar cepat mengambil jatah cuti adalah ketika kalian sudah tidak ada waktu lagi untuk melakukan hal lain. Misalnya olahraga, mengunjungi saudara, atau hanya sekedar melakukan hobby.

 

 

Kapan Sih Harus Cuti? Ini Tandanya | Sumber : Pexels.com
Kapan Sih Harus Cuti? Ini Tandanya | Sumber : Pexels.com
Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka