Cara Menjaga Keuangan Agar Tidak Tergerus Inflasi

Karyawan atau Usaha Sendiri Ya?

Karyawan atau Usaha Sendiri Ya? – Kalau mau dijelaskan satu-satu, mungkin penjelasan tentang jenis pekerjaan di dunia ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Tetapi apakah kalian tahu bahwa cuma ada 2 jenis kelompok pekerjaan yang ada di seputara kita? Yaitu bekerja sebagai karyawan, dan memiliki usaha sendiri. Dari kedua kelompok pekerjaan tadi, pasti kebanyakan dari kalian lebih suka untuk bekerja sebagai karyawan, daripada mendirikan usaha sendiri.

Nah, apa sih yang membuat banyak orang memilih untuk menjadi karyawan daripada membuka usaha sendiri?

Gaji Tetap

Ilustrasi Uang
Sumber: Unsplash.com

 

Ini adalah alasan utama mengapa kalian akan lebih memilih untuk menjadi karyawan. Berkebalikan dengan usaha sendiri, karyawan akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Gaji yang didapatkan akan konsisten. Sebaliknya, kalau usaha sendiri, mungkin ada kalanya kalian tidak akan memperoleh penghasilan, tapi kadang juga mendapat penghasilan yang lebih.

Takut Gagal

Ilustrasi Bingung
Sumber: Pexels.com

 

Kalau sudah masuk jadi karyawan, maka semua hal dalam bekerja akan konsisten. Berbeda dengan jika kalian membuka usaha sendiri, mungkin kalian akan menemukan kegagalan yang bertubi-tubi bahkan.

Modal?

Ilustrasi Menabung
Sumber: Pexels.com

 

Ini kadang yang jadi penghalang jika orang ingin membuka usaha sendiri, MODAL. Karena membuka usaha sendiri membutuhkan modal, maka orang akan lari menjadi karyawan. Kenapa? Ya, karena tidak ada modal pun, kalian bisa mulai bekerja dan mendapat penghasilan.

 

Pandangan Orang

Ilustrasi Berdiskusi
Sumber: Pexels.com

Ini yang disebut gengsi. Kebanyakan orang akan memandang bahwa karyawan memiliki derajat kehidupan yang sangat terpandang, daripada orang yang membuka usaha sendiri.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka