Bikin CV Untuk Melamar Kerja di Perusahaan

Bikin CV Untuk Melamar Kerja di Perusahaan

Bikin CV Untuk Melamar Kerja di Perusahaan – Bekerja di perusahaan mungkin menjadi keinginan banyak orang. Untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang kamu tuju, kamu haruslah mempersiapkan berkas lamaran kerja dengan sebaik-bainya. Berkas yang harus kamu siapkan ketika melamar kerja adalah CV dan surat lamaran kerja. Berkas-berkas ini haruslah kamu buat dengan baik dan benar, hindari membuat kedua berkas lamaran kerja ini sembarangan.

CV atau Curriculum Vitae menjadi salah satu berkas yang tidak boleh dibuat dengan sembarangan, agar dapat lolos tahap perekrutan. Banyak orang yang kebingungan pada saat bikin CV yang baik dan benar. Meski banyak contoh CV yang beredar di internet, akan lebih baik jika kamu mengetahui dan mengerti cara pembuatannya yang baik dan benar. Terlebih kamu akan melamar pekerjaan di perusahaan, tentu kamu harus memberikan kepercayaan bahwa kamu adalah kandidat yang profesional melalui CV yang kamu buat.

Perlu kamu ketahui, bahwa CV merupakan berkas yang berisi rangkuman informasi terkait dengan identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja hingga skill yang kamu miliki. CV yang kamu buat akan digunakan untuk menilai kemampuan dan kredibilitas kamu terhadap perkerjaan yang kamu lamar. Maka dari itu, CV kamu harus dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang layak di posisi tersebut.

Hal-hal Penting Dalam CV

Bikin CV Untuk Melamar Kerja di Perusahaan
Illustrasi CV | Image Source : istockphoto.com

1. Identitas diri

Infomasi ini terdiri dari nama lengkap, nomor handphone yang bisa dihubungi, alamat rumah, dan alamt email aktif. Kamu juga bisa menambahkan foto diri agar perekrut dapat mengenali wajahmu. Kamu juga dapat mencantumkan media sosial profesional, seperti LinkedIn.

Selain itu, pada CV juga terdapat bagian ‘Tentang Saya’, yang dimana bagian ini merupakan salah satu bagian penting yang harus kamu isi pada CV lamaran kerja. Bagian ini akan menegaskan karakter dan penagalaman atau menyampaikan branding personal yang kamu miliki.

2. Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan juga menjadi salah satu hal penting yang harus tercantum pada CV. Cantumkanlah riwayat pendidikan kamu, kamu bisa mencantumkan pendidikan mulai dari SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi. Atau jika kamu telah menyenyam pendidikan S2, kamu bisa mencantumkan riwayat pendidikan S1 dan S2 saja.

3. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja juga herus kamu cantumkan pada CV. Cantumkanlah pengalaman kerja dan semua pencapaian secara singkat dengan metode reserve chronological, yang berarti pengalaman terbaru di tulis paling atas. Seperti posisi, tugas, lama bekerja dan prestasi selama bekerja.

4. Skill / keterampilan

Setelah bagian pengalaman kerja, ada bagian keterampilan/skill. Pada bagian ini, kamu harus mencantumkan skill yang kamu miliki, ini akan menjadi pertimbangan pada CV yang kamu buat. Misalnya, kamu melamar kerja pada posisi  Marketing, maka kamu harus mencantumkan kerampilan yang kamu miliki bada bidang Marketing, begitupun yang lainnya.

Di atas adalah beberapa hal penting yang harus kamu cantumkan ketika bikin CV. Bagi kamu kamu sudah sempat bikin CV namun kebingungan, berikut kami akan berikan contoh CV untuk melamar kerja di perusahaan. Kamu bisa mendajikan contoh CV di bawah sebagai refrensi saat bikin CV untuk melamar kerja nantinya.

Contoh CV Perusahaan

Bikin CV Untuk Melamar Kerja di Perusahaan
Template Minimal dari bikincv.com

Sekian contoh CV untuk melamar kerja di perusahaan, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang kebingungan dalam membuat CV.  Simak contoh CV dan berbagai informasi menarik tentang lowongan kerja lainnya hanya di Lokerbali.info Blog.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka