Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter

Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter

Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter – CV merupakan salah satu komponen yang penting ketika melamar kerja. Maka dari itu, CV merupakan salah satu hal yang harus dibuat dengan baik dan benar agar dapat menarik perhatian perekrut. Sayangnya masih banyak orang yang belum memahami membuat CV yang baik dan benar, yang kerap membuat mereka kebingungan dalam pembuatannya.

Bagian deskripsi diri juga menjadi salah satu bagian yang membingungkan bagi beberapa orang ketika membuat CV. Bagian satu ini juga menjadi salah satu bagian yang peting dalam CV yang kamu buat. Maka dari itu, bagian ini haruslah dibuat dengan sebaik mungkin. Hindari menulis deskripsi diri dengan sembarangan, karena berpengaruh kepada diterima atau tidaknya kamu pada perusahaan yang kamu lamar.

Penyusunan kata pada bagian deskripsi diri memang perlu diperhatikan sebaik mungkin. Sebab, pada bagian ini akan menjelaskan apa saja keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Jika kamu belum pernah membuat bagian ini sebelumnya, kami akan memberikan bebecara contoh deskripsi diri yang baik dan dapat memikat perekrut.

Apa itu Deskripsi Diri?

Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter
Ilustrasi CV | Image Source : Pexels.com

Sebelum lanjut ke contoh, ada baiknya kamu ketahui sedikit tentang deskripsi diri tersebut. Deskripsi diri merupakan profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat. Tujuan dari bagian ini untuk mengambarkan diri kamu, maka biasanya berisi pengalaman dan keterampilan kamu yang paling berharga. Sebab, bagian ini adalah ringkasan profil diri, maka perlu dirancang agar dapat menonjolkan fitur-fitur terbaikmu.

Kamu dapat menuliskan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan profesi yang dilamar. Intinya, pada bagian ini kamu harus bisa menarik perhatian para rekruter untuk membaca keseluruhan CV kamu, serta melihat apa yang kamu tawarkan pada perusahaan yang kamu tuju.

Tips Menulis Deskripsi Diri

Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter
Ilustrasi CV | Image Source : Pexels.com
  1. Fokus pada keterampilan dan prestasi

Hal pertama yang tidak boleh dilewati dalam membuat deskripsi diri adalah mencantumkan keterampilan dan prestasi. Namun, kamu juga jangan menulis semua keterampilan dan prestasi yang kamu miliki. Cantumkanlah keterampilan dan prestasi yang sesuai dengan bidang yang kamu lamar. Sebab, penulisan deskripsi diri harus singkat, padat dan jelas, tidak perlu bertele-tele. Rangkai juga kalimat yang bermakna positif untuk mengambarkan dirimu.

  1. Selektif salam memberi informasi

Tulislah informasi yang relevan sesuai info pekerjaan yang sedang kamu lamar. Jadi, mengetahui lebih dahulu apa saja keterampilan yang sesuai dengan lamaran akan sangat menguntungkan. Hindari menjelaskan dengan kata-kata yang kaku, agar dapat lebih mudah dimengerti oleh perekrut dan memberikan kesan positif.

  1. Gunakan angka dan simbol

Agar lebih mudah dibaca oleh perekrut, ada baiknya kamu gunakan angka dan simbol. Dengan ini juga, deskripsi diri pada CV kamu akan terlihat menarik, detail dan mudah dibaca. Tentu ini juga akan membuat CV mu akan dilirik oleh perekrut.

  1. Lebih menekankan pencapaian

Rekruter akan lebih tertark jika kamu menjelaskan mengenai apa saja pencapaian yang telah diraih pada pekerjaan sebelumnya. Terlebih, pencapaian kamu cukup relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Agar lebih menarik, dalam menuliskan pencapaian, gunakan simbol atau angka. Dengan ini, pencapaian akan terlihat akurat dan menonjol.

Contoh Deskripsi Diri di CV

Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter
Ilustrasi Membuat CV | Image Source : Pexels.com
  1. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate

“Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman kerja di bidang penulisan kreatif selama kurang lebih 2 tahun.

Saya juga pernah menjadi guru pengganti untuk materi Bahasa Inggris tingkat SMA.

Dari pengalaman tersebut, saya telah meraih sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.”

  1. Contoh Deskripsi Diri Designer Grafis

“Saya lulusan Desain Grafis dari Universias ternama. Bepengalaman 2 tahun dalam dunia grahphic design.

Saya menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, Adbobe Photshop. Berpengalaman dalam pembuatan Storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran.

Saya adalah seseorang yang ambisius, teliti dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan”

  1. Deskripsi Diri Content Writer atau Content Creator

“Saya adalah orang yang kreatif fan terbiasa membuat konten seperti artiel, video, atau gambar untuk media sosial. Selama 1 tahun bekerja, saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 30%.

Kreativitas yang saya miliki juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kenadala”

  1. Contoh Deskripsi Diri Digital Marketer

“Saya memiliki kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan mudah. Selama 6 bulan bekerja sebagai marketing, saya berhasil meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga 5%.

Kemampuan komunikasi yang saya miliki berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.”

  1. Contoh Deskripsi Diri Pindah Jalur Karier

“Profesional marketing yang berpengalaman selama 4 tahun. Ingin membawa pengalaman kerjanya ke ranah sales.

Saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Memiliki skil komunikasi yang mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.”

  1. Contoh Deskripsi Diri Manajemen Bisnis

“Saya adalah seorang profesional bisnis yang memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun dalam bidang Business Development. Kini mencari peluang untuk terjun ke dunia manajemen bisnis.

Saya merupakan seseorang yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, serta evaluasi pertumbuhan.

Memiliki kemampuan problem solving dan leadership yang kuat. Mampu meningkatkan angka kepuasan klien dan partner hingga 60% pada perusahaan sebelumnya.”

  1. Contoh Deskripsi Diri Sales

“Profesional dalam bidang sales dengan pengalaman kerja selama 2 tahun. Memiliki spesialisasi dalam bidang marketing dan manajemen penjualan.

Saya memiliki kelebihan dalam hal negosiasi, fokus dalam pencapaian target dan kemampuan Leadership. Menguasai software-software penjualan terbaru.”

  1. Contoh Deskripsi Diri Bahasa Inggris

“I’am a highly creative, ambitious, and experienced content editor with more than 4 years of experience in managing marketing campaigns and project by evaluating Instagram caption, blog post, and more.

Passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a department and deliver the best result for clients, shareholders, and partners in all sector.”

  1. Contoh Deskripsi Diri IT Support

“Saya adalah profesional IT dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician.

Saya adalah seorang yang sangat teliti dan terampil  mengoperasikan berbagai platform IT support. Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik. Serta saya  mampu memaparkan isu-isu software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.”

  1. Contoh Deskripsi Diri Customer Service

“Saya adalah seorang cutomer service spesialist dengan pengalaman kerja lebih dari 4 tahun.

Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang telah meningkatkan customer loyality sebesar 20%.

Saya kini mencari posisi sebagai cutomer service supervisor untuk melanjutkan perkembangan karier ke bidang manajemen.”

Sekian Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang bingung menulis deskripsi diri yang baik. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Lokerbali.info Blog.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka