Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut! – Pernah membuat video CV? Mungkin beberapa pelamar kerja pernah membuatnya. Tak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui tentang hal satu ini. Berbeda dengan Curriculum Vitae biasanya, disini kamu akan menampilkan diri dan kemampuan kamu melalui rekaman video. Meski tak setiap perusahaan menggunakan persyaratan ini, namun tidak ada salahnya untuk di pahami.

Ada beberapa perusahaan yang memang menggunakan Video CV ini menjadi salah satu persyaratan. Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan yang menyarankan untuk menggunakan video CV, yuk simak cara membuatnya di bawah ini. Karena berbeda dengan CV pada umumnya, alangkah baiknya untuk mengetahui cara membuatnya agar tidak salah contoh cv video berikut.

Cara Membuat Video CV

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu kamu ketahui sebelum membuat video CV. Dalam membuat video ini, kamu haruslah membuatnya dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan naskah

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!
Ilustrasi Membuat Naskah | Image Source : istockphoto.com

Hal satu ini begitu penting untuk kamu siapkan. Sama seperti membuat video lainnya, buatlah naskah terlebih dahulu. Dengan ini, kamu akan dapat menentukan konsep video CV yang akan kamu buat. Kamu dapat membuat video satu ini berupa video ala vlog, atau menggunakan berbagai teknik editing untuk menampilkan kemampuan dan pengalaman kamu.

Dalam membuat video CV, disarankan untuk menggunakan kalimat aktif. Ini bertujuan agar dapat memberikan kesan yang baik dan kuat pada video CV yang kamu buat. Maka dari itu, jangan lupa siapkan naskah dengan kalimat aktif, sebelum melakukan take video CV.

2. Siapkan alat perekam

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!
Ilustrasi Alat Perekam | Image Source : istockphoto.com

Dalam membuat video, pastikan alat perekam yang kamu gunakan dapat menangkap gambar dan audio berkualitas tinggi. Tentunya hal ini penting untuk memastikan wajah kamu tampak dan suara terdengar dengan baik. Kamu dapat menggunakan alat, seperti kamera smartphone, tablet atau kamera profesional.

Atur kamera agar dapat mengkap gambar cukup baik, perlihatkan wajah hingga bahu dan pastikan profilmu terekam dalam bingkai kamera. Jika kamera tidak dapat merekam suara dengan baik, kamu dapat gunakan alat perekam atau mikrofon eksternal. Dengan ini akan menghasilkan rekaman yang maksimal dan lebih berkualitas.

3. Siapkan tempat

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!
Ilustrasi Tempat Nyaman | Image Source : istockphoto.com

Kamu juga harus mempersiapkan tempat untuk merekam video. Pilihlah tempat yang nyaman demi kualitas rekaman yang yang baik. Selain itu, gunakan ruangan dengan latar dan pencahayaan yang baik demi kualitas video. Gunakan latar yang polos sehingga tidak ada potensi distraksi dalam video. Latar polos juga dapat memberikan kesan prosfesional pada video CV kamu.

4. Ambil beberapa rekaman

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!
Ilustrasi Membuat Video CV | Image Source : istockphoto.com

Agar video lebih berkulitas, cobalah mengambil rekaman beberapa kali. Kamu dapat menggunakan naskah yang berbeda dari yang sebelumnya atau menggunakan sudut yang berbeda. Dengan ini, kamu dapat memilih hasil rekaman yang sesuai dan efektif. Hal ini membuat kamu tidak perlu melakukan perekaman secara berulang kali setelah melakukan peroses editing.

5. Edit video agar lebih menarik

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!
Ilustrasi Editing Video | Image Source : istockphoto.com

Jika semua bahan sudah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengedit video agar terlihat menarik. Kamu juga dapat menambahkan visual lainnya, seperti potongan portofolio dan ilustrasi untuk menujukan secara visual apa yang ingin kamu sampaikan.

Untuk mengedit video, kamu dapat menggunakan berbagai software video editor yang memungkinkan kamu memotong, megatur dan menyimpan. Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi edit video pada smartphone jika merasa lebih nyaman.

Setelah mengedit video, lihat kembali apakah hasil akhirnya sesuai dengan keinginan atau tidak. Apabila telah sesuai, kamu bisa menggunakan video CV tersebut untuk melamar pekerjaan.

6. Tambahkan beberapa foto atau video

Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!
Ilustrasi Mengedit Video | Image Source : istockphoto.com

Kamu dapat menambahkan beberapa elemen penunjang, seperti slide informasi, infografis, atau portofolio. Sebelum melakukan proses pengeditan, kumpulkan semua bahan yang mungkin ingin di sisipkan selain rekaman. Elemen-elemen tersebut dapat memberikan informasi tambahan secara dinamis dan menarik. Tapi jika tidak ingin membuat videos seperti ini, kamu tetap dapat mengirim CV dalam format PDF. Pastikan CV Template yang kamu gunakan menarik dan indah agar dapat memikat HRD.

Sekian Cara Membuat Video CV Yang Menarik, Simak Langkah-langkah berikut!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang kebingungan dalam membuat video CV. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Lokerbali.info Blog.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka