Ciri Panggilan Interview yang Menipu

Ciri Panggilan Interview yang Menipu

Ciri Panggilan Interview yang Menipu – WASPADALAH! Penipuan sekarang sudah menjadi berita sehari-hari yang selalu muncul dan terdengar di telinga kita. Semua orang pasti merasa was-was karena penipuan sudah merambah kesemua aspek kehidupan manusia. Salah satu yang akan diulas di artikel ini adalah penipuan yang ternyata banyak terjadi di dunia kerja, terutama undangan interview yang menipu.

Bagi kalian semua yang sedang menunggu tanggapan perusahaan mengenai lamaran pekerjaan yang sudah kamu sampaikan, hati-hati, karena momen inilah yang banyak dimanfaatkan para penipu untuk melancarkan aksinya. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu tentang modus-modus penipuan yang sering mereka lakukan, antara lain :

Memakai Nama Perusahaan Besar

Ilustrasi Gedung
Sumber: Pexels.com

Penipu akan menggunakan Nama Perusahaan yang besar, seperti pertamina, PLN, atau Freeport. Bahkan banyak juga yang menyantumkan perusahaan tambang. Faktanya perusahaan besar biasanya memiliki recruitment center sendiri secara online misalnya saja pertamina memiliki http://recruitment.pertamina.com dan tidak ada recruitment yang diluar itu. Begitu juga misalnya dengan PLN memiliki web resmi untuk pengumuman tes dan kelulusan https://www.pln.co.id dan misalnya Freeport memiliki http://ptfi.co.id/id/career.

Apalagi di era digital ini, hampir semua proses pendaftaran dan pengumuman kerja akan disampaikan melalui website. Tidak ada yang manual kirim melalui pos atau cara lainnya. Jika kamu ditelepon oleh nomor yang mengatasnamakan perusahaan tersebut, kamu tetap harus kroscek info tersebut pada website resmi mereka.

 

Media Telepon, SMS dan WhatsApp

Ilustrasi Menggunakan Handphone
Sumber: Pexels.com

Media yang digunakan untuk melakukan operasi ini adalah melalui email dan sms. Modusnya adalah dengan melakukan email dan sms terkadang juga menggunakan telepon. Untuk yang email, penipu berusaha untuk menyakinkan calon korban dengan email yang sedemikian mirip dengan email asli dari perusahaan. Kalaupun sms juga menggunakan sms yang biasa dilakukan oleh team recruitment.

Bagaimana membedakan email dan sms yang palsu ini? Email yang dikirimkan walaupun kontennya sama persis, namun cek alamat pengirim email tersebut. Biasanya menggunakan pengirimin menggunakan email gratisan seperti @gmail.com atau @yahoo.com. Atau jika bukan berasal dari kedua domain tersebut, penipu pasti menggunakan domain email yang aneh, dan kamu wajib mengecek kontak email perusahaan yang sesungguhnya.

Jika melalui SMS, pastikan ada perintah untuk mengecek informasi tersebut melalui website resmi perusahaan. Jika tidak ada informasi tersebut, bisa dipastikan bahwa SMS tersebut adalah penipuan.

 

Telepon Langsung

Ilustrasi Menerima Telepon
Sumber: Pexels.com

Modus lainnya adalah dengan tiba-tiba ada telepon langsung ke nomor HPmu. Telepon dilakukan dengan menggunakan telepon misalnya 021 blabla. Tetapi jika di cek di internet ternyata nomor telepon tersebut tidak sama dengan dengan yang resmi.

Nah, sebenarnya ada banyak sekali modus penipuan yang digencarkan untuk para pencari kerja. Apalagi di dunia yang semakin canggih ini, mereka menggunakan banyak cara jitu untuk menipu kalian. Nah, sama seperti mereka, kamu juga harus jitu melihat banyak clue tentang informasi pekerjaan yang kamu dapatkan. Misalnya jika kamu mendapatkan info interview, kamu harus mencocokan informasi tersebut di banyak sumber, terutama pada sumber-sumber resmi perusahaan tersebut.

 

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka