Freshgraduate, inilah Hal Baru di Dunia Kerja Untukmu

Freshgraduate, inilah Hal Baru di Dunia Kerja Untukmu

Freshgraduate, inilah Hal Baru di Dunia Kerja Untukmu – Jika mahasiswa sudah lulus kuliah, mereka pasti akan langsung pengen bekerja. Mereka sudah tidak sabar untuk merasakan indahnya dunia kerja. Tidak semua yang kamu pelajari di kampus akan kamu rasakan di dunia kerja nanti.

Tidak jarang kamu yang baru lulus, kaget saat masuk dunia kerja. Karena kenyataan dunia kerja berbeda sekali dengan dunia kampusmu dulu.

 

Apa saja sih, hal-hal yang tidak dipelajari selama kuliah tetapi akan kamu hadapi di dunia kerja?

 

Manajemen Waktu

Ilustrasi Waktu
Sumber: Pexels.com

 

Sebenarnya selama berkuliah, mengatur waktu sudah menjadi hal yang biasa ketika kamu mengelola jadwal perkuliahan, les, bimbingan, dan lain sebagainya. Tetapi, manajemen waktu yang akan kamu hadapi di dunia kerja sangat berbeda dengan yang ada di perkuliahan. Kamu akan dituntut untuk tepat waktu dan disiplin dengan semua target yang kadang menumpuk, bahkan dengan skala prioritas yang bermacam-macam.

 

Relasi

Ilustrasi Relasi
Sumber: Pexels.com

 

Lingkungan pertemananmu di kantor akan sangat mempengaruhi karirmu. Seperti kata orang, lingkunganlah yang membentuk dirimu. Jadi kamu harus berhati-hati saat berada di lingkungan kantormu. Kamu juga sebaiknya jangan mempercayai siapa pun di kantormu, karena bagaimana pun juga kalian memiliki posisi yang sama dan bisa saja akan melakukan hal yang buruk jika posisinya terancam. Apalagi dengan percintaan, jalinan percintaan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, begitu juga di dunia kerja. Jika pada saat kuliah pun kamu merasakan hal yang sama, tidaklah menjadi masalah yang besar. Tapi kalau hal itu terjadi di dunia kerja, akan ada banyak dampaknya. Baik itu berpengaruh pada kinerjamu atau karirmu.

 

Komunikasi via Email

Ilustrasi Penggunakan Laptop
Sumber: Pexels.com

 

Tahukah kamu pentingnya menulis email yang baik dan benar di kantor? Nah, hal itu mungkin tidak kamu pelajari saat kuliah dulu. Padahal hal ini juga cukup krusial, karena bisa saja terjadi salah paham karena menulis email. Karena di kantor, jalur komunikasi yang dipakai kebanyakan adalah melalui email, jadi sebaiknya kamu perhatikan hal ini dengan baik.

 

Worklife Balance

Ilustrasi Saat Bekerja
Sumber: Pexels.com

 

Ketika kuliah dulu, kamu masih memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama teman-teman dan juga keluarga. Tapi ketika kerja, jangan untuk keluarga dan teman-temanmu, untuk dirimu sendiri saja kamu tidak punya waktu. Jika hal itu terjadi padamu, kemungkinan kamu kurang mengerti apa itu worklife balance, sehingga kehidupan pribadimu dan kehidupan pekerjaanmu tidak seimbang.

Nah, untuk kamu yang baru lulus kuliah dan tidak sabar masuk ke dunia kerja, apakah kamu sudah siap menghadapi ritme hidupmu yang berubah? FreshGraduate dan Dunia Kerja memang 2 hal yang harus segera digabungkan agar cepat tercipta suasana hati yang damai.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka