Hapus 5 Hal ini Dari CV sebelum Melamar Kerja

Hapus 5 Hal ini Dari CV sebelum Melamar Kerja

Menjadi pencari kerja adalah salah satu hal yang membosankan. Pasti kalian berlomba-lomba agar segera dapat kerja kan? Ya, kalau kalian ingin segera mendapatkan pekerjaan, kalian harus mengusahakannya. Mungkin kalian bisa memulai dari CV yang akan kalian kirimkan ke perusahaan. Ternyata, ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan, agar CV yang kalian kumpulkan ke perusahaan bisa diterima dan lolos seleksi. Hapus 5 Hal ini Dari CV sebelum Melamar Kerja! Pasti kalian akan lolos.

1. Detail Riwayat Hidup

Ilustrasi Curriculum Vitae
Sumber: Pexels.com

CV yang bagus tidak berarti kalian harus mencantumkan semua hal tentang diri kalian dalam CV tersebut. Tulis CV yang bisa membuat HRD berkesan dengan apa yang ada dalam diri kalian. Misalnya riwayat hidup atau riwayat pekerjaan yang sudah pernah kalian geluti. Kalian tidak perlu memasukkan hal-hal yang tidak penting disana. Tipsnya, kalian cukup memasukkan riwayat yang relevan dengan bidang yang kalian lamar. Hal ini yang juga akan membuat HRD fokus terhadap potensi kalian.

 

2. Berantakan

CV berantakan merupakan hal yang paling dibenci oleh HRD. Ini disebabkan karena mereka sulit untuk mendapatkan informasi secara cepat. Susun CV kalian sejelas dan seringkas mungkin. Berikan detail nama, pekerjaan terkini dan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Buatlah dalam bentuk pointers sehingga memudahkan para perekrut untuk mendapatkan informasi tentang kalian.

3. Tujuan yang Standar

Ilustrasi menulis
Sumber: Pexels.com

 

Menulis pernyataan tujuan yang tidak standar di surat lamaran adalah salah satu yang harus kalian hindari. Pernyataan klasik seperti “Mencari pekerjaan yang menantang dan menawarkan pengembangan professional” sebaiknya tidak perlu ditulis. Kalian bisa fokus terhadap pekerjaan yang kalian lamar, kemampuan yang kalian miliki, dan tujuan yang relevan.

4. Data Pribadi yang Tidak Relevan

Ilustrasi Bekerja
Sumber: Pexels.com

 

Apabila kalian aktif di kegiatan keagamaan atau olahraga, dan kegiatan tersebut tidak berhubungan sama sekali dengan pekerjaan yang dilamar, janganlah cantumkan dalam CV. Ini bisa dianggap berlebihan dan tidak relevan untuk dicantumkan ke dalam CV.

 

5. Kemampuan Umum

Sama seperti beberapa point diatas, HRD akan sangat bosan dan malas membaca hal-hal umum dari setiap pelamar. Jadi tipsnya, jangan mencantumkan kemampuan umum sebagai sesuatu yang patut dibanggakan, misalnya kemampuan berbahasa, atau pengoperasian Ms. Office. Langsung fokus saja pada kemampuan kalian yang bisa dimaksimalkan dalam bidang pekerjaan yang kalian lamar.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka