Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja – Melamar pekerjaan, tentunya ada beberapa hal yang harus anda siapkan, salah satunya adalah CV atau Curriculum Vitae. Curriculum Vitae dapat diartikan sebagai daftar riwayat hidup/biodata diri anda. Maka dari itu, CV menjadi salah satu hal penting yang harus anda persiapkan. Disinilah perusahaan akan mengevaluasi anda, perusahaan akan mengenali dan menilai diri anda dari CV yang anda buat,. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membuat CV yang baik dan benar yang tentunya menarik.

Membuat CV menarik tentunya memerlukan ketelitian dalam pembuatannya. Pastikan CV yang anda buat berisi informasi diri anda yang spesifik sesuai dengan posisi yang akan dilamar pada perusahaan tersebut. Saat membuat CV, anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar.

Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja
Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja | Image Source : Pexels.com

1. Buatlah CV Dengan Template Yang Menarik

Kebanyakan orang membuat CV yang polos dan ini yang membuat CV anda jarang dilirik oleh HRD. Buatlah dengan layout yang semenarik mungkin agar tidak polos, kamu boleh mendesain dengan kombinasi warna kesukaanmu agar terlihat menarik. Ini menjadi salah satu cara untuk membuat HRD melirik CV anda.

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga harus anda isi dengan jelas, karena ini menjadikan sebuah pertimbangan bagi HRD saat anda melamar pekerjaan. Dari sini HRD akan dapat mengetahui tentang riwayat pendidikan dan nilai-niali anda selama menempuh pendidikan. Pada bagian ini kamu harus mengisi dengan jelas sehingga mudah dibaca.

3. Pasang Foto Yang Bagus

HRD juga melirik fotomu loh, jadi sebaiknya pasanglah foto formal yang bagus dan berfotolah dengan pakaian yang sopan dan rapi jika tidak ingin ditolak. Pada bagian ini, terkadang HRD susah untuk mengunduh karena resolusi foto anda terlalu besar. Sebaiknya gunakan resolusi rendah agar mempermudah saat memproses dan mengunduh.

4. Cantumkan Skill Yang Anda Miliki

Skill atau keterampilan yang  anda miliki juga bisa diisi dalam CV anda. Karena, keterampilan sangat berpengaruh dalam dunia kerja, ini salah satu alat dimana peluang anda masuk dunia kerja semakin besar. Perlu diketahui, betapa pentingnya skill pada dunia kerja yang mempunyai pengaruh besar pada pekerjaan anda nanti.

5. Pengalaman Kerja Sebelumnya

Jika sebelumnya anda pernah bekerja, anda wajib mengisi pengalaman kerja anda pada CV yang anda buat. Karena selain skill, pengalaman kerja juga diperlukan sebagai alat pertimbangan bagi HRD untuk menerima anda. Maka jika anda memiliki pengalaman bekerja, anda wajib isi supaya lebih dilirik oleh HRD.

6. Cantumkan Sedikit Informasi Tentang Diri Anda

Meskipun hal ini tidak sepenting riwayat pendidikan, skill, foto, dan pengalaman kerja. Namun ada beberapa HRD yang tertarik dengan informasi tentang diri anda. Mungkin anda sempat meraih juara dibidang akademik maupun non-akademik maka boleh saja anda cantumkan agar HRD bisa mempertimbangkan lagi. Anda juga boleh isi tentang sosial media anda disini. Walaupun ini boleh tidak diisi, alangkah baikya anda isi agar HRD tahu sedikit tentang dirimu dan dapat membuka peluang diterima yang lebih besar.

Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

CURRICULUM VITAE

 

DATA PRIBADI

  • Nama : Gede Putu Andre Kusuma, SM
  • Tempat & Tgl Lahir : Denpasar, 8 Juni 1997
  • Alamat : Jl. Nusa Indah No.15 Denpasar
  • No Hp : 0878 6233 1008
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Agama : Islam
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Status : Belum Menikah
  • Email : andrekusuma8797@gmail.com
  • Hobi : Menulis
  • Kesehatan : Baik
  • Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Universitas Udayana

PENDIDIKAN FORMAL

  • 2003 – 2009 SD N 1 Sumerta
  • 2009 – 2012 SMP N 8 Denpasar
  • 2012 – 2015 SMA N 3 Denpasar
  • 2015 – 2019 Universitas Udayana Prodi Manajemen

PENGALAMAN KERJA

  • Staff Gudang PT. Sejahtera Perkasa Denpasar 2016 – 2019

PRESTASI

  • Juara 1 Karya Ilmiah Remaja antar SMA Se-Bali Tahun 2014

Demikian daftar riwayat hidup saya yang saya buat dengan sebenar-benarnya, agar dapat dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Gede Putu Andre Kusuma, SM

  • Contoh CV Untuk Melamar Kerja
Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja
Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja | Image Source : BikinCV.com

Kesalahan Dalam Membuat CV yang Sering Terjadi

Dalam membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup sangatlah harus teliti, perhatikan data-data apa saja yang harus tercantum agar tidak terlewatkan. Maka dari itu, anda harus melakukan pengecekan kembali pada CV lamaran kerja yang telah anda buat. Agar dapat dipastikan CV anda tidak ada kesalahan, untuk itu sangat diharapkan untuk mengecek kembli sebelum mengirim. Ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan saan pembuatan CV, berikut adalah kesalahan-kesahalan dalam pembuatan CV.

  • Salah ketik atau Typo : CV atau Daftar Riwayat Hidup Merupakan cerminan dari diri anda. Bila terjadi kesalahan saat mengetik, maka pihak perekrut akan menilai anda sebagai orang yang tidak teliti dalam bekerja. Tentunya ini sangat berpengaruh dengan diterima atau tidaknya anda dalam perusahaan yang anda tuju. Dengan ini, sebaiknya anda tetap teliti dengan mengecek secara berulang agar dapat dipastikan CV anda tidak terjadi typo.
  • Data tidak valid : Kesalahan besar jika anda menulis data yang tidak valid pada CV anda. Hidarilah hal ini, jujurlah dalam membuat CV. Cantumkanlah data yang sebenar-benarnya sesuai dengan dokumen yang benar.
  • Terlalu bertele-tele : Hidarilah menuliskan kata yang panjang serta tidak berhubungan dengan posisi yang anda lamar. Ini dapat membuat perekrut tidak tertarik. Ini juga dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya anda pada perusahaan yang anda tuju. Maka dari itu, anda cukup menulis sedikit tentang latar belakang anda yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar.

Sekian Contoh Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan membuat CV yang baik dan benar. Simak juga artikel seputar dunia kerja yang menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Terima kasih.

Artikel terbaru

Kategori