Hindari Kesalahan Ketika Mengikuti Job Fair

Hindari Kesalahan Ketika Mengikuti Job Fair

Banyak orang yang menganggap Job Fair adalah kegiatan yang biasa, dan akhirnya datang ke kegiatan tersebut seadanya. Padahal jika dipikir-pikir, Job Fair akan menjadi media pertemuanmu dengan pekerjaan yang kamu cari selama ini. Kebanyakan perusahaan besar menaruh harapan bersar untuk memperoleh kandidat yang terbaik di Job Fair. Dan tanpa kalian sadari, mereka akan berlomba mendapatkanmu diantara ribuan orang yang berpartisipasi.

Jadi, jika kalian akan mengikuti Job Fair, sebisa mungkin kalian memanfaatkan waktu dan kesempatan tersebut untuk menggali lebih banyak potensi diri dan mencocokkannya dengan semua lowongan yang ada. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan di Job Fair, hanya dengan melakukan beberapa hal berikut :

Mengulang Pertanyaan di Website

Ilustrasi Bertanya
Sumber: Pexels.com

Website dibuat untuk menyampaikan informasi dan pesan pemiliknya kepada seluruh pembacanya. Sehingga, jika ada banyak informasi perusahaan yang sudah ditampilkan di website, makan diasumsikan semua orang yang datang di Job Fair sudah membacanya dengan jelas dan memahaminya. Kamu diwajibkan untuk tidak menanyakan hal-hal yang ada pada website. Sebaiknya, kamu mendiskusikan hal-hal baru dan temuan yang kamu dapatkan dari website. Dengan begitu, kamu dapat mengerucutkan pengetahuan dan minatmu untuk perusahaan tersebut, dan akhirnya tidak salah memilih.

 

Tampil Seadanya

Penampilan menunjukkan ditimu. Setiap perwakilan perusahaan bertemu dengan ratusan hingga ribuan orang dalam bursa kerja. Sapaan sederhana dan hanya meninggalkan CV di booth mereka tidaklah cukup. Kamu perlu memberi tahu perusahaan cerita keberhasilan Anda, prestasi dan apa yang membedakanmu dengan kandidat lain. Buat perusahaan yang kamu datangi mengetahui banyak tentang dirimu, melalui penampilan dan cerita yang kamu sampaikan.

ubloggercom2
Tips Saat Job Fair (Sumber : ublogger.com)

 

Santai

Job Fair kadang dikemas dengan sangat santai. Tetapi walaupun demikian, kamu jangan sampai terjebak di tengah kesantaian tersebut. Ini bukan saatnya bermalas-malasan. Tunjukkan antusiasme dan minatmu dengan jabatan tangan yang erat, kontak mata yang baik, senyuman serta obrolan menyenangkan dengan perwakilan perusahaan. Selalu ingat, perwakilan perusahaan bekerja untuk merekrut karyawan. Jadi, fokuslah untuk menunjukkan kegunaan bakatmu bagi perusahaan tersebut.

 

Tidak Konsentrasi

Terkadang Job Fair juga akan merasa sangat melelahkan. Tetapi walaupun demikian, kamu harus tetap dituntut berkonsentrasi dalam banyak hal, mulai dari mecari informasi, bertanya, dan apalagi saat mengikuti wawancara.

School: CJF; Categories: Event; Event: Jewish Job Fair; Keywords: ; ID: ;
Tips Saat Job Fair (Sumber : blog.lowongan.id)

Grogi Saat Wawancara

Nah, ini adalah hal yang sangat harus dihindari ketika kamu sedang mengikuti Job Fair, jangan sampai kamu tidak siap untuk mengikuti wawancara. Bursa kerja biasanya dimanfaatkan pihak perusahaan sebagai tahap seleksi awal terhadap kandidat karyawan. Jadi, jangan sampai kamu gelagapan saat perusahaan mewawancaraimu. Dengan tidak gorgi, kamu akan bisa menjawab semua pertanyaan, dan memberikan jawaban yang maksimal.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka