Keuntungan Mengikuti Job Fair

Keuntungan Mengikuti Job Fair Untuk Fresh Graduate

Keuntungan Mengikuti Job Fair Untuk Fresh Graduate – Bursa Kerja atau yang biasa dikenal dengan Job Fair menghiasi banyak Hall atau Arena Pertemuan di setiap kota di Indonesia. Biasanya bursa kerja dilaksanakan oleh perusahaan, kelompok, atau bahkan pemerintah setiap tahunnya. Hebatnya, cara menyalurkan lulusan dengan cepat juga dikemas melalui bursa kerja oleh banyak universitas di Indonesia maupun Universitas Swasta di Bali khususnya.

Universitas mengadakan Bursa Kerja atau Job Fair setiap menjelang acara wisuda lulusan, setiap periodenya.

Jadi jika satu universitas mengadakan wisuda sebanyak 3 kali dalam setahun, maka akan ada 3 kali Bursa Kerja yang diadakan. Universitas akan mengundang banyak perusahaan untuk mempromosikan lowongan pekerjaan dari perusahaan masing-masing, banyak juga yang bahkan langsung memproses seleksi calon karyawan di tempat yang sama.

 

Ilustrasi Mencatat
Sumber: Pexels.com

 

Keuntungan mengikuti Job Fair yang paling menonjol adalah anda didatangi oleh para perusahaan yang membutuhkan karyawan. Berbeda dengan jaman dulu ketika Bursa Kerja belum terlalu popular, anda harus susah payah mencari lowongan kerja dari berbagai media, datang ke perusahaan, dan bolak balik interiew sampai akhirnya diterima. Proses seleksi biasanya juga akan lebih cepat jika dibandingkan dengan melamar kerja secara mandiri, sehingga anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan keputusan dari perusahaan tersebut.

Selain beberapa keuntungan diatas, ternyata masih ada banyak keuntungan yang kadang tidak anda sadar, dari partisipasi anda dalam mengikuti Bursa Kerja. Apa saja?

 

Konsultasi Curriculum Vitae

Ilustrasi Diskusi
Sumber: Pexels.com

Selain banyak perusahaan ternama yang akan datang di Bursa Kerja, pihak penyelenggara biasanya juga akan menyediakan Career Consellor atau Penasihat. Dengan jasa tersebut, anda bisa mengkonsultasikan CV atau Resume yang sudah anda buat, sehingga bisa mempermantab anda melamar lowongan pekerjaan. Tentunya kualitas CV akan semakin meningkat, dan peluang anda diterima akan semakin besar.

 

Mixed Information

Ilustrasi Berdiskusi
Sumber: Pexels.com

 

Hadir di Bursa Lowongan Kerja akan membuka mata anda terhadap banyaknya jenis lowongan kerja yang ada disekitar anda. Tidak perlu repot-repot mencari informasi, dalam satu acara Job Fair anda bisa mengantongi banyak informasi sekaligus. Anda bisa langsung bertanya kepada tim di setiap perusahaan, dan pastinya informasi yang akan anda dapatkan akan semakin banyak jika dibandingkan anda membaca atau melihat iklan lowongan pekerjaan.

 

Test Langsung

Ilustrasi Konsultasi
Sumber: Pexels.com

 

Seperti yang sudah disampaikan diatas, mengikuti Bursa Kerja akan membuat anda lebih efektif dan efisien dalam memproses pelamaran kerja. Dalam hari atau event yang sama, anda mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk langsung mengikuti test (akademik ataupun psikotes), dan juga interview secara langsung. Keuntungannya? Jelas anda tidak perlu datang ke perusahaan tersebut hanya untuk tes dan interview beberapa jam saja.

 

Peluang Terbuka Lebar

financedetikcom
Bursa Lowongan Kerja dan Keuntungannya (Sumber : swaraguna.com)

 

Percaya atau tidak, Bursa Lowongan Kerja adalah peluang terbesar bagi anda yang sedang mencari pekerjaan. Walaupun sekarang internet menjadi media persebaran informasi yang cukup pesat, Bursa Kerja ternyata juga tidak kalah. Jika ada perusahaan yang ikut dalam kegiatan Bursa Kerja tersebut, maka hal itu menandakan bahwa perusahaan itu sedang membutuhkan  karyawan. Berkas anda akan menjadi prioritas utama yang akan diseleksi dibandingkan dengan berkas pelamar lain yang melamar secara mandiri melalui email.

 

Bonus Seminar

Ilustrasi Seminar
Sumber: Unsplash.com

Tidak sedikit juga Bursa Lowongan Kerja yang dikemas bersamaan dengan Seminar. Sehingga, keuntungan lain yang akan anda dapatkan jika mengikuti Bursa Lowongan Kerja adalah anda bisa langsung mengikuti Seminar. Biasanya seminar tersebut tidak akan jauh-jauh dari pembahasan karier, atau hal lain yang sangat bermanfaat untuk job seekers. Momen itulah yang akan memperkaya pengetahuan anda sebagai pencari kerja, karena anda bisa berinteraksi lebih banyak dengan narasumber dan pencari kerja lainnya.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka