Menjadi Jujur Itu Menyenangkan

Menjadi jujur itu menyenangkan lho! Setuju atau tidak? Setuju dong ya. Jujur merupakan prilaku yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan atau mulut kita dan di gambarkan dalam perbuatan memang itulah yang sesungguhnya terjadi dan sebenarnya. Menjadi jujur membawa beberapa manfaat dalam hidup kita. Mari kita ulas beberapa manfaat menjadi jujur tersebut dalam artikel ini.

1. Hidup menjadi lebih tenang ketika kita jujur

Menjadi Jujur Itu Menyenangkan | sumber: pexels.com
Menjadi Jujur Itu Menyenangkan | sumber: pexels.com

Hidup menjadi lebih tenang ketika kita menjadi pribadi yang jujur. Ketenangan ini di dapat karena kita selalu mengatakan hal yang sesuai dengan hati, perkataan dan perbuatan. Sehingga melenggang kemana pun tidak akan ada rasa beban yang menghantui kita. Entah beban karena apa yang dikatakan tidak sesuai dengan kebenaran, atau tidak sesuai dengan isi hati, atau juga mungkin tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Ketika menjadi jujur, rasanya hidup benar-benar ringan dan segala sesuatu yang terjadi lebih mudah untuk diterima.

2. Jujur membuat kita menjadi orang yang dipercaya

Ketika kita terbiasa mengatakan hal yang sesungguhnya, orang yang mendengar kita tentu akan menaruh penilaian terhadap kepribadian kita. Penilaian tersebut akan berdampak pada kepercayaan orang lain terhadap kita. Dengan menjadi pribadi yang jujur, akan membuat kita dipercaya orang lain.

Kepercayaan merupakan hal yang sangat sulit untuk di dapat. Sekali saja kita melakukan kebohongan, orang lain akan meragukan kebenaran kita di waktu berikutnya. Apalagi jika kita terbiasa berbohong, tentu kepercayaan itu akan semakin sulit untuk di dapat. Maka dari itu, menjadi pribadi yang jujur sangat berhubungan dengan kepercayaan orang lain terhadap kita.

3. Jujur akan berpengaruh terhadap nama baik kita

Dengan menjadi pribadi yang jujur, kita akan memiliki nama baik dimata orang lain. Kejujuran meningkatkan nilai kredibilitas kita sehingga cara pandang orang lain terhadap kita pun menjadi lebih baik. Orang yang memiliki karakter sebagai pribadi yang jujur, cenderung akan menjadi orang ‘besar’ yang dihargai dimana pun ia berada. Kejujuran adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan uang. Sehingga, penilaian orang lain terhadap kita pun bukanlah penilain yang dapat dihargai dengan mata uang. Melainkan penilaian dari lubuk hati mereka yang tak ternilai.

Menjadi Jujur Itu Menyenangkan | sumber: pexels.com
Menjadi Jujur Itu Menyenangkan | sumber: pexels.com

4. Jujur memberi karma yang baik bagi kita

Percaya terhadap karma? Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita petik. Begitu pula dalam hal kejujuran. Semakin kita jujur, maka semakin banyak pula kejujuran yang kita dapat. Semakin sering kita berbohong kepada orang lain, semakin banyak pula kebohongan yang kita dapatkan. Maka dari itu, jadilah pribadi yang jujur jika kalian juga ingin mendapat kejujuran dari orang lain. Ketika kamu membuat CV untuk melamar kerja, kamu harus jujur menuliskan semua hal pada CV kamu.

Menjadi Jujur Itu Menyenangkan | sumber: pexels.com
Menjadi Jujur Itu Menyenangkan | sumber: pexels.com

Ternyata menjadi jujur itu menyenangkan ya! Selain membawa manfaat positif bagi kita juga membawa manfaat positif bagi orang lain. Yuk mulai budayakan jujur untuk kebaikan kita bersama. Baca juga artikel Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Melewati Fase Patah Hati bagi kalian yang sedang dilanda galau. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka