Tips Agar Pekerjaan Tidak Menjadi Beban

Tips Agar Pekerjaan Tidak Menjadi Beban

Banyak orang di jaman sekarang ini sangat mudah bosan dalam pekerjaan. Ditemukan banyaknya pengangguran yang malas bekerja, tetapi sudah keluar masuk pekerjaan lebih dari 5 kali, dan mereka tidak merasa cocok dengan kesemuanya. Inilah masalahnya, ketika pekerjaan dipandang sebagai sebuah beban. Indikasi dari kondisi ini adalah sikap menunda pekerjaan, banyak mengeluh, dan stress ketika menghadapi deadline. Orang akan menjadi tersiksa setiap masuk kerja, dan rasanya bebas ketika jam kantor sudah selesai.

Apakah anda ada di kondisi tersebut? Jika anda masih ingin bertahan di tempat kerja tersebut, tetapi tidak ingin menjadikannya beban hidup yang berkepanjangan, ikuti beberapa tips dibawah ini.

 

Bersyukur Sudah Punya Pekerjaan

Ilustrasi Semangat
Sumber: Pexels.com

 

Pekerjaan adalah salah satu tujuan yang paling dicari ketika orang sudah lulus kuliah. Perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan juga tidak semuanya mudah dan cepat. Oleh sebab itu, anda yang sudah bekerja dengan mapan sebaiknya bersyukur dengan posisi anda sekarang, karnea masih banyak orang yang sudah dan masih mencari-cari pekerjaan. Dengan bersyukur itu, anda akan mendapatkan kekuatan positif yang membuat anda akhirnya mau berjuang untuk menikmati posisi pekerjaan anda sekarang.

 

Berdoa

Ilustrasi Menenangkan Diri
Sumber: Pexels.com

Mau tidak mau, dan percaya tidak percaya, doa akan menjadikan semua hal menjadi lebih lancar dan tenang. Begitu juga ketika anda akan mulai bekerja. Jika anda ingin pekerjaan anda lancar, nyaman, dan juga memiliki energi positif ketika menjalani tugas pekerjaan, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan YME.

 

Berpandangan Sebagai Karyawan

Ilustrasi Pekerja
Sumber: Pexels.com

 

Seorang pekerja seharusnya memiliki pandangan yang berbeda jika dibandingkan dengan mahasiswa atau pelajar. Anda harus berpandangan sebagai seorang pekerja atau karyawan, yang memang bertugas untuk menyelesaikan pekerjaan, dan tentunya memiliki kontribusi pada tempat kerja anda. Semakin banyak Anda menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, semakin besar karya Anda. Bila sudah demikian, bukan tidak mungkin karya gemilang Anda tersebut membawa Anda ke puncak karier Anda.

 

Do your Best

Ilustrasi Senang
Sumber: Pexels.com

 

Semudah atau seberat apa pun pekerjaan Anda, lakukan yang terbaik. Sebagai contoh, Anda diminta laporan penjualan bulan lalu oleh atasan Anda. Buatlah laporan tersebut dengan menyertakan grafik penjualan harian, perbandingan dengan data penjualan bulan lalu, atau tren penjualan dalam 3 bulan terakhir. Dengan melakukan yang terbaik, Anda akan mendapatkan respon yang baik juga. Mengapa? Karena Hukum Ketertarikan (law of attraction) bekerja pada Anda.

 

On Target

Ilustrasi Target
Sumber: Pexels.com

Banyaknya pekerjaan yang anda dapatkan akan bergantung dari kualitas hari-hari kerja anda. Jika anda malas-malasan dalam bekerja, anda hanya akan menumpuk pekerjaan. Ketika semua pekerjaan sudah mendekati deadline, maka saat-saat itu anda akan merasakan bahwa pekerjaan anda berat. Dengan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, Anda akan terhindar dari sikap menunda-nunda. Selain itu, Anda akan memiliki waktu yang longgar untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

 

Ingat Tujuan Kerja

Ilustrasi Meja Kerja
Sumber: Pexels.com

Orang akan bosan bekerja jika dia sudah tidak memegang tujuan mereka dalam bekerja. Betapa pun beratnya beban pekerjaan Anda akan terasa ringan bila Anda mengingat sasaran karier Anda. Anggaplah pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda hadapi sekarang sebagai tangga untuk meraih sasaran tersebut atau meningkatkan daya saing Anda. Semakin baik Anda dalam mengelola dan menyelesaikan pekerjaan tersebut, sasaran Anda akan semakin cepat tergapai. Apalagi jika tujuan bekerja anda adalah untuk keluarga atau orang tua anda, maka anda akan terus bersemangat dalam melakukan pekerjaan tersebut.

 

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka