Tips Negosiasi Gaji untuk Pemula

Tips Negosiasi Gaji untuk Pemula

Tips Negosiasi Gaji untuk Pemula – Bagi pekerja pemula, mendapatkan gaji pertama dari pekerjaan barunya adalah hal yang paling menggembirakan. Tapi jangan sampai kalian salah mendapatkan gaji, hanya karena kalian tidak bisa nego. Kebanyakan orang pasti akan menganggap, “yaudah ngikut apa kata perusahaan dulu saja”, nanti juga naik. Hal itu salah, karena kalian sendiri pun bisa memaksimalkan nominal gaji yang akan diterima. Kunci utamanya adalah negosiasi. Nah, berikut ini adalah tips negosiasi gaji untuk pemula, orang yang baru pertama kali bekerja.

Riset

Ilustrasi Berpikir
Sumber: Pexels.com

Yak, sebelum kalian memasuki tahap wawancara, sebaiknya kalian cari tahu sendiri tentang gaji. Berapa rentang gaji di perusahaan yang kalian tuju? Berapa gaji untuk profesi yang kalian sasar, dan berapa gaji pekerja pemula? Parameter ini yang akan bisa membantu kalian menentukan ‘harga’ kalian sendiri.

Baca juga : Daftar Gaji Pegawai BUMN

Jangan Menyebut Angka Duluan

Meskipun kalian telah tahu range gaji sesuai posisi, kalian tidak dapat menebak berapa perusahaan akan bersedia membayar untuk posisi yang dilamar. Jadi, jangan menyebut angka terlebih dahulu! Jika kalian menyebut angka yang lebih rendah dari perkiraan pewawancara, mereka pasti akan langsung menyetujuinya. Jika ditanya tentang gaji yang diinginkan, pastikan kalian tidak menjawabnya dengan angka. Usahakan pihak perusahaan yang menyebutkan angkanya terlebih dahulu, dan setelah itu barulah mulai proses negosiasi.

Lakukan Perhitungan & Jangan Buru-Buru

Ilustrasi Menghitung
Sumber: Pexels.com

 

Walaupun kalian sudah punya pegangan rentang gaji yang harus kalian dapatkan, jangan buru-buru. Dengan teliti, kalian harus memperhitungkan banyak hal. Mulai dari kebutuhan bulanan kalian, sampai ke tabungan yang bisa kalian dapatkan dengan gaji sebesar itu. Pastikan kalian akan mendapatkan keuntungan yang paling maksimal dengan angka gaji yang diberikan.

Baca juga : Tips Mengelola Gaji

Tolak atau Terima?

Keputusan terakhir ada di kalian. Jika gaji yang diberikan memang tidak sesuai dengan ekspektasi, tinggalkan. Tunjukkan sikap yang positif dan hormat jika kalian tidak jadi bergabung di perusahaan tersebut. Tapi kalau kalian menerima tawaran gaji tersebut, ya jalani dengan baik. Kenaikan gaji karena performa kalian meningkat akan segera kalian alami, kok.

 

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka