Agar Kamu Sukses Mengikuti Job Fair

Mengikuti Job Fair adalah salah satu cara untuk mendapatkan kesempatan selangkah lebih maju daripada orang yang yang sama-sama sedang mencari pekerjaan. Dalam satu agenda Bursa Kerja, akan ada banyak perusahaan yang ikut berpartisipasi, ingin menjaring para calon karyawannya. Anda yang menjadi peserta akan langsung mendapatkan kesempatan untuk melamar ke banyak perusahaan sekaligus.

Positifnya? Anda menghemat banyak hal jika dibandingkan dengan harus melamar satu per satu perusahaan, mulai dari tenaga, uang, dan bahkan juga waktu. Tetapi jangan salah, banyak juga orang yang gagal walaupun sudah sangat niat mengikuti Bursa Lowongan Pekerjaan.

 

Ilustrasi Keramaian Job Fair
Ilustrasi Keramaian Job Fair – Sumber: Unsplash.com

 

Nah, oleh sebab itu, jangan sampai anda melewatkan hal-hal berikut, karena beberapa hal berikut akan membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah di Bursa Lowongan Kerja.

 

Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Ilustrasi Mencari Informasi
Ilustrasi Mencari Informasi – Sumber: Unsplash.com

 

Tentunya, anda sangat wajib untuk mencari tahu tentang jadwal Job Fair yang akan diselenggarakan, mulai dari waktu dan tempatnya. Ada banyk sekali cara, mulai dari mencarinya di internet, milis pencari kerja atau universitas, dan banyak lagi. Hal penting lainnya adalah kualitas para perusahaan yang ikut berpartisipasi. Biasanya Bursa Lapangan Pekerjaan yang baik adalah yang mengakomodasi semua level perusahaan. Ini bertujuan agar pencari pekerjaan dapat dengan mudah menilai reputasi profil perusahaan, dan bisa menentukan pilihan dengan tepat.

 

Siapkan CV dan Dokumen Lain

Ilustrasi Menulis CV
Ilustrasi Menulis CV – Sumber: Pexels.com

 

Keuntungan Job Fair adalah anda bisa langsung melamar di banyak perusahaan sekaligus, jika perusahaan-perusahaan tersebut memiliki lowongan pekerjaan yang sesuai dengan yang anda cari. Oleh sebab itu, jangan datang di Bursa Lowongan Pekerjaan dengan tangan kosong. Anda harus menyiapkan beberapa copy dokumen-dokumen yang dibutuhkan, yaitu CV dan dokumen lain. Anda juga bisa menyiapkan dokumen tersebut pada softcopy. Mengapa demikian? Ada beberapa perusahaan yang menerima juga dokumen melalui email yang dikirimkan oleh calon karyawan. Dengan dokumen yang sudah anda siapkan sebelumnya, anda bisa mengikuti jalannya Job Fair dengan lancar.

 

Siapkan Jawaban

Job Fair juga memungkinkan proses interview atau wawancara yang dilakukan sekaligus di tempat bursa. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk anda menyiapkan jawaban umum dari pertanyaan yang kadang ditanyakan. Pertanyaan spontan yang kadang menjebak contohnya mengapa tertarik dengan bidang yang dilamar, apa yang diketahui tentang perusahaan tersebut, kekuatan dan kelemahan, dan lainnya. Dengan mempersiapkan jawaban-jawaban tersebut, anda bisa melewati semua pertanyaan tanpa ragu.

Ilustrasi mengikuti Job Fair
Ilustrasi mengikuti Job Fair (Sumber : isi.good.com)

 

Bawa Perlengkapan Pendukung

Bebrapa perlengkapan seperti pulpen, flash disk, laptop adalah beberapa peralatan yang penting untuk dibawa. Seperti pulpen yang penting untuk mengisi formulir, flash disk sebagai media penyimpanan softcopy CV, laptop untuk menyimpan data atau memperlihatkan contoh aplikasi yang sudah pernah dibuat.

 

Persiapan Fisik dan Pikiran

Satu hal yang memiliki pengaruh yang luar biasa ketika anda mengikuti Job Fair adalah penampilan diri. Para petugas dari perusahaan akan sangat mudah menilai calon karyawannya dari cara berpakaiannya. Anda harus berpakaian rapi , dan terlihat serius dalam mengikuti jalannya Job Fair. Selain itu, anda harus menjaga fisik dan pikiran anda agar tetap prima. Terkadang Job Fair didatangi oleh ribuan orang yang berdesak-desakan, dan membuat orang malas dan lelah. Dengan mempersiapkan kondisi fisik terlebih dahulu, anda akan sangat mudah berkeliling dan menjalani Job Fair di setiap perusahaan.

School: CJF; Categories: Event; Event: Jewish Job Fair; Keywords: ; ID: ;
Agar Sukses Mengikuti Job Fair (Sumber : riaueksis.com)

Nah, itulah tadi hal-hal penting yang harus anda perhatikan agar proses mengikuti Job Fair dapat berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk membagikan kesuksesanmu mengikuti Job Fair, agar semakin banyak lagi orang yang tahu tentang trik dan tips sukses mengikuti Bursa Lapangan pekerjaan. Yuk cari info lowongan kerja di Denpasar terbaru atau lowongan kerja di Bali lainnya di website kami ya.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka