Contoh CV ATS Friendly dan Tips Membuatnya

Contoh CV ATS Friendly dan Tips Membuatnya

Contoh CV ATS Friendly – CV merupakan komponen yang penting dan harus disiapkan sebelum melamar kerja. CV haruslah kamu buat dengan baik dan benar, juga sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Kini kamu dapat membuat CV dengan template yang menarik, sehingga CV kamu dapat menarik perhatian perekrut.

Kini juga banyak perusahaan yang menyarankan kandidat untuk membuat CV yang ATS Friendly, Apa itu CV ATS? Banyak yang belum mengetahui tentang CV lamaran kerja satu ini. ATS adalah sebuah sistem yang membantu HRD untuk menyaring CV kandidat sesuai dengan kualifikasi yang telah di tentukan oleh perusahaan.

Nah untuk itu, ada baiknya kamu ketahui tentang CV ATS yang kini banyak digunakan untuk melamar kerja pada perusahaan tertentu. Jika kamu penasaran dengan CV lamaran kerja satu ini, berikut kami akan memberi contoh dan tips membuat CV ATS yang benar. Agar kamu tidak bingung lagi dan dapat lolos sistem ATS saat dikoreksi.

Apa itu CV ATS?

Applicant Tracking System (ATS) adalah software atau sistem yang membantu HRD dalam proses perekrutan tahap screening. Sistem ATS akan mencatat, memilah, merekap, serta memberi nilai setiap CV pelamar kerja yang masuk. Semakin tinggi skor yang di dapat, maka CV tersebut di rekomendasikan oleh sistem dan merupakan ramah ATS. Melainkan, jika skor tidak memenuhi standar, maka CV tersebut secara otomatis akan di tolak oleh sistem.

Jadi, CV ATS adalah CV yang dibuat khusus dengan format standar ATS agar dapat mudah di baca oleh software ATS dan dapat di terima oleh sistem. Di banyak perusahaan besar, yang pertama kali melihat dan menentukan kamu lolos pada tahap screening bukanlah HRD yang bertugas, melainkan mesin ATS. Maka penting untuk kamu membuat CV yang ATS friendly agar CV kamu lolos ATS, sehingga kamu dapat masuk ke tahap berikutnya.

Tips Membuat CV ATS

Contoh CV ATS Friendly dan Tips Membuatnya
Illustrasi Membuat CV | Image Source : pexels.com

1. Gunakan template simple

Jika kamu membuat CV ATS, jangan menggunakan template dengan warna dan desain yang mencolok. Sebab, sistem tidak dapat membaca CV dengan desain dan warna mencolok. Semakin simple CV yang kamu buat, maka semakin besar peluang CV kamu terbaca oleh sistem.

2. Gunakan font standar

Penggunaan font dalam CV ATS juga turut kamu perhatikan, sebab sistem akan susah memporses jika kamu menggunakan font yang tidak sesuai. Sangat di rekomendasikan untuk menggunakan font, seperti :

  • Arial
  • Times New Roman
  • Helvetica
  • TMR

Beberapa font di atas adalah font yang mudah di baca oleh sistem ATS.

3. Optimalkan kata kunci

Kata kunci juga penting untuk kamu optimalkan dalam CV ATS. Misalnya kamu melamar sebagi Graphic Designer, maka kamu harus menyisipkan kata kunci sesuai dengan profesi Graphic Designer.

4. Jangan menyisipkan gambar dan tabel

CV ATS tidak dapat memuat foto, logo, gambar, tabel, diagram, warna gelap dan berbagai simbol. Sebab, sistem tidak dapat membaca beberapa hal tersebut dan hanya dapat membaca kata kunci yang ada dalam objek garis saja.

5. Periksa CV sebelum mengirim

Agar kamu mengetahui apakah CV kamu termasuk ke dalam CV ATS friendly atau tidak, kamu dapat melakukan test copy dan paste pada editor teks biasa. Jika ada informasi yang hilang atau tidak teratur, maka perbaiki CV yang kamu buat.

Contoh CV ATS Friendly

Contoh CV ATS Friendly dan Tips Membuatnya

BikinCV adalah salah satu platform pembuatan CV secara online yang dapat memudahkan kamu dalam membuat CV. Di sini, kamu juga dapat membuat CV ATS Friendly, sebab memiliki beberapa template CV yang sesuai. Sehingga, CV yang kamu buat bisa lolos sistem dan lanjut ke tahap berikutnya. Buat CV ATS lebih mudah, cepat dan praktis hanya di BikinCV.com.

Sekian Contoh CV ATS Friendly dan Tips Membuatnya, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang berkeinginan untuk membuat CV ATS. Simak contoh CV dan tips dunia kerja lainnya hanya di Lokerbali.info blog.

Bagikan :

Artikel Terkait

Mungkin Kamu Juga Suka