Keunikan Rumah Adat Bali Lengkap dengan Nama dan Gambar

Keunikan Rumah Adat Bali Lengkap dengan Nama dan Gambar

Keunikan Rumah Adat Bali Lengkap dengan Nama dan Gambar – Bali terkenal dengan budaya adat istiadatnya yang memiliki karateristik. Keunikan dari budaya Bali dapat dilihat, salah satunya dari keunikan bangunan adatnya. Arsitektur Bali selalu memiliki karateristik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan rumah adat lainnya. Tentunya, inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari wisatawan untuk berkunjung Bali.

Karakteristik rumah adat Bali yang khas, arsitekturnyapun tidak terlepas dari warisan budaya turun temurun. Disetiap bangunannya, memiliki filosofi yang mendalam. Dengan bentuk yang unik dan menyimpan banyak arti serta fungsi, juga memiliki banyak nilai-nilai Agama Hindu yang terpancar di dalam makna tersebut.

Jika berkunjung ke Bali, kebanyakan bangunan di Bali memiliki Gapura Bentar yang ada di pintu masuk. Gapura dengan ukiran serta relief yang membuatnya terlihat sangat unik seperti candi. Bentuknya seperti dua candi kembar yang saling berhadapan, sehingga disebut sebagai Candi Bentar. Dari pintu masuk itulah anda akan memasuki are bagian dalam dari bangunan tersebut.
Ada beberapa keunikan rumah adat Bali yang perlu anda ketahui, sebagai berikut :

  • Mempunyai banyak bangunan yang terpisah dengan nama yang berbeda
  • Memiliki makna pada setiap letak maupun ukirannya
  • erbentuk persegi panjang atau persegi
  • Tata letak dan arsitektur mengikuti asas Asta Kosala Kosali
  • Terdapat pintu masuk dengan Candi Bentar.

Rumah Adat Bali

1. Bale Gede 

Bale Gede
Ilustrasi Bale Gede | Image Source : Google Image

Bale gede merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai tempat melaksanakan upacara adat. Posisi bangunan satu ini berada di tengah- tengah dan lebih tinggi dari bangunan lainnya. Bentuknya persegi panjang yang disangga oleh tiang atau sake yang berjumlah 12. Selain digunakan untuk upacara, bale gede ini juga kerap dijadikan tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan sebagai tempat untuk membuat banten.

2. Bale Meten 

Ilustrasi Meten atau Bale Daje
Ilustrasi Meten atau Bale Daje | Image Source : Piterest.com

Bale meten merupakan bangunan yang diperuntukan untuk kepala keluarga. Selain itu, bagian ini juga diperuntukan sebagai tempat tinggal keluarga. Letaknya di sebelah utara dari bale gede dengan bentuk persegi panjang.  

3. Sanggah/ Pura Keluarga 

Ilustrasi Sanggah/Pura Keluarga/Merajan
Ilustrasi Sanggah/Pura Keluarga/Merajan | Image Source : instagram.com/baliswarabusana/

Sanggah/Merajan/Pura keluarga meruapakan tempat beribadah atau berdoa bagi umat Hindu. Terletak di sebelah timur laut dari rumah adat. Disetiap rumah umat Hindu di Bali tentunya memiliki sanggah/merajan ini.

4. Bale Dauh 

Ilustrasi Bale Dauh
Ilustrasi Bale Dauh | Image Source : Pinterest.com

Baleh dauh merupakan salah satu bangunan yang biasanya digunakan sebagai ruang tamu atau bangunan untuk tempat tinggal. Biasanya, bale dauh ini difungsikan untuk tempat tidur anak remaja laki-laki. Letaknya disebelah barat, dengan tingginya yang harus lebih rendah dari bale meten.

5. Bale Sakepat 

Bale Sakepat merupakan nama rumah adat masyarakat bali dengan bentuk segi empat dengan empat tiang atau sake. Bangunan ini difungsikan sebagai tempat bersantai para anggota keluarga.

6. Pewaregan 

Ilustrasi Pewaregan
Ilustrasi Pewaregan | Image Source : Pinterest.com

Pewaregan merupakan dapur tempat memasak dalam rumah. Dengan ukuran yang sedang dan berletak disebelah barat laut atau selatan rumah utama. Di Pewaregan ini, terdapat dua area yaitu are masak dan area penyimpanan alat-alat dapur lainnya.

7. Jineng 

Gambar Jineng
Ilustrasi Jineng | Image Source : Pinterest.com

Jineng merupakan bangunan yang digunakan untuk menyimpan gabah yang sudah dijemur. Memiliki ukuran sedang dan tinggi dengan atap yang dibuat dengan jerami kering. Namun, kini sudah jarang terdapat jineng pada rumah adat.

8. Aling-aling 

Ilustrasi Aling-aling
Ilustrasi Aling-aling | Image Source : Google Image

Aling-aling merupakan bangunan yang berfungsi sebaga pembatas antara angkul-angkul dengan pekarangan rumah. Ini dipercaya dapat mengahalangi aura negatif agar tidak dapat masuk ke dalam pekarangan rumah.

9. Angkul-angkul / Gapura Candi Bentar

Keunikan Rumah Adat Bali Lengkap dengan Nama dan Gambar
Ilustrasi Angkul-angkul | Image Source : Google Image

Angkul-angkul merupakan bangunan yang menyerupai gapura yang memiliki fungsi sebagai pintu masuk. Yang menjadi pembeda angkul-angkul dengan bangunan lainnya yaitu bangunan ini memiliki atap pada bagian pintu masuknya.

Gambar Rumah Adat Bali

Ilustrasi Rumah Bali Sejuk
Ilustrasi Rumah Bali Sejuk | Image Source : Pinterest.com
Keunikan Rumah Adat Bali Lengkap dengan Nama dan Gambar
Rumah Adat bali | Image Source : Pinterest.com
Ilustrasi Rumah Style Bali Mewah dengan Prada
Ilustrasi Rumah Style Bali Mewah dengan Prada | Image Source : Pinterest.com
Jadi Pengen di Rumah Terus
Jadi Pengen di Rumah Terus | Image Source : Google Image

Sekian Keunikan Rumah Adat Bali Lengkap dengan Nama dan Gambar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui ragam bangunan adat Bali. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Loker Bali Info Blog. Follow juga Instagram @lokerbali.info untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru dan berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia kerja.

Mungkin Kamu Juga Suka