Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Lewat Dunia Maya

Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Lewat Dunia Maya

Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Lewat Dunia Maya – Lowongan pekerjaan menjadi makanan yang harus dihadapi oleh banyak orang sekarang ini. Mencari pekerjaan bagi sebagian besar orang bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi buat anda yang belum memiliki pengalaman kerja, atau baru lulus kuliah.

 

Ilustrasi Penggunaan Komputer
Sumber: Pexels.com

 

Terlebih jika anda harus masuk mondar mandir di banyak perusahaan untuk melamar pekerjaan, membawa dokumen persyaratan, dan belum tentu diterima. Hal itu adalah salah satu penyebab angka pengangguran masih sangat besar di Indonesia. Perusahaan sudah semakin menjamur, tetapi kualifikasi pelamar kerja juga sangat susah untuk dicocokkan dengan kebutuhan.

Menginjak era yang semakin digital, semua orang sudah dimudahkan dalam berbagai bidang. Termasuk salah satunya adalah dalam hal mencari pekerjaan. Teknologi bisa mempertemukan anda dengan pekerjaan-pekerjaan yang ternyata adalah jodoh anda. Hebat bukan? Kalau dulu internet hanya dibutuhkan ketika anda ingin berkomunikasi melalui facebook, sekarang internet sudah bisa membantu anda mencari perusahaan yang membutuhkan jasa anda sebagai karyawan.

Keuntungannya sangat banyak? Anda sudah tidak perlu mempersiapkan berlembar-lembar surat lamaran kerja dan juga datang ke perusahaan yang jauh dari tempat tinggal anda. Anda sekarang hanya tinggal mengirimkan lamaran melalui portal mereka atau lewat email, dan tidak harus datang ke perusahaan yang ternyata berbeda daerah dengan anda.

 

Ilustrasi Penggunaan Komputer
Sumber: Pexels.com

Nah, berikut ini adalah beberapa tips buat anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan lewat internet atau dunia maya :

  1. Persiapkan Dokumen Lamaran (Curriculum Vitae dan Surat Lamaran).
  2. Persiapkan Dokumen pendukung lamaran pekerjaan, mulai dari ijazah, daftar nilai, Surat Rekomendasi, dan lainnya. Semua dokumen tersebut sebaiknya anda scan dengan rapi. Sewaktu-waktu jika anda membutuhkannya (termasuk untuk melamar pekerjaan), anda tinggal mengirimkan file tersebut.
  3. Cari Lowongan Pekerjaan di Website yang terpercaya. Salah satunya adalah Loker Bali Info. Lowongan pekerjaan yang dibuka oleh suatu perusahaan biasanya akan diiklankan pada website lowongan pekerjaan, atau juga di website perusahaan itu. Semua informasi kebutuhan karyawan dari perusahaan tersebut sampai dengan estimasi gaji akan tertulis dengan lengkap. Anda wajib untuk mencermatinya.
  4. Cari Lowongan Pekerjaan di Google atau Linked In. Kedua media ini akan membantu anda mencari pekerjaan sesuai dengan minat anda. Sehingga, tanpa harus masuk ke website lowongan pekerjaan, anda bisa mencari pekerjaan melalui search engine langsung dengan kata kunci yang spesifik.
  5. Jika sudah ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat anda, silahkan anda langsung mendaftar dan melengkapi persyaratannya. Jangan sampai ada informasi atau kontak anda yang salah (termasuk email dan nomor telepon), karena anda akan dihubungi dan diberikan informasi tentang status lamaran anda melalui kontak yang anda tuliskan.

Dengan bantuan internet tersebut, anda dapat menghemat pengeluaran dan tenaga anda untuk datang langsung ke perusahaan, dan mempersiapkan dokumen-dokumen fisik yang sebenarnya tidak semuanya akan terpakai oleh perusahaan yang akan menerima anda.

Pada artikel selanjutnya, kami akan mengulas tentang bagaimana membuat Curriculum Vitae yang baik, membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang sakti, dan juga bagaimana memanfaatkan Linked In sebagai media promosi dari profesionalitas anda. Semoga bermanfaat!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka