7 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tau

7 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tau

7 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tau – Jeruk bali merupakan salah satu jeruk berukuran besar yang beda dengan jeruk pada umumnya. Memiliki ukuran yang besar, serta kulitnya yang tebal menjadi ciri khas dari buah satu ini. Selain itu, warna dari daging buah ini juga sangat unik, yaitu merah muda dengan kulit yang berwarna kuning. Rasanya manis, sehingga banyak orang yang suka dengan buah satu ini.

Jeruk bali mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, jeruk bali kaya akan vitamin C dan vitamin B. Selain itu, buah ini juga mngendung vitamin B1,B2, protein, serat dan antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Baca juga : Bali Banana, Oleh Oleh Pisang Dari Bali

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan, yaitu salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam jeruk ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan sel-sel darah putih dalam sistem tubuh. Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari jeruk bali yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Jeruk Bali

7 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tau
Buah Jeruk Bali | Image Source : Shutterstock.com

1. Mencegah Penyakit Jantung

Yang pertama, jeruk bali bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Kandungan vitamin C pada jeruk ini berperan oenting dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jenis jeruk satu ini juga mengandung kalium yang dapat membersihkan simpanan arteri yang terakumulasi dalam tubuh.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya konsumsilah jeru bali secara teratur. Dengan begitu, jenis jeruk ini dapat secara efektif mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Air jeruk bali memiliki kandungan kalium yang merupakan nutrisi utama mengatur tekanan darah. Kandungan kalium ini juga bisa membantu melepaskan ketegangan di pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah serta oksigen dari berbagai sistem tubuh.

Seperti yang kita ketahui, bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi dimana tekaan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini akan menimbulkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan struk. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki penyakit hipertensi, mengonsumsi jeruk bali sangat baik untuk dilakukan.

3. Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ eksresi dalam vibreta yang memiliki bentuk seperti kacang di area punggung bawah. Berfungsi untuk menyaring kotoran dan membuangnya bersama dalam bentuk urine. Jika organ satu ini tidak berfungsi, maka akan dapat menyebabkan gangguan yang disebut penyakit ginjal.

Gangguan pada ginjal ini akan menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh, seperti anemia dan gangguan elektrolit. Maka dari itu, menjaga kesehatan ginjal juga dilakukan upaya sejak dini dengan mengonsumsi jeruk bali. Kandungan asam sitrat dalam jeruk bali berfungsu efektif membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan pH urine.

4. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan penyakit yang banyak dialami oleh seseorang. Cara untuk mencegas terjadinya dengan mengonsumsi jeruk bali. Sebab, jeruk bali memiliki kandungan senyawa berupa Isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin C pada jeruk bali juga berperan penting untuk mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi air jeruk bali secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan anda dari penyakit berbahaya lainnya.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk bali juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh. Terlebih bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah yang mudah terserang penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas ini adalah dengan mengonsumsi jeruk bali.

Kandungan vitamin C, asam sitrat dan kalsium berperan pentting. Selain itu, kandungan nutrisi jeruk bali lainnya juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

6. Mencegas Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel tulang, sehingga mengakibatkan tulang menjadi keropos. Kondisi satu ini tentu bisa saja terjadi pada siapapun, termasuk anak-anak hingga orang dewasa. Namun, penyakit satu ini kerap terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Dilansir dari Healthline, kondisi satu bisa terjadi akibat dari kekurangan kalsium. Kondisi ini dapat menyebabkan kepadatan tulan seseorang berkurang atau bahkan menghilang. Sehingga hal ini membuat tulang mudah rapuh dan rentan mengalami cedera.

Salah satu cara mencegah osteoporosis seacara alami, dengan mengonsumsi jeruk bali. Kandungan kalsium dan serat pada jeruk abli berperan penting untuk mengurangi resiko kerapuan pada tulang. Manfaat dari jeruk bali ini bisa didapatkan ketika kita mengonsumsinya secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat.

7. Melancarkan Pencernaan

Jeruk bali juga dapat melancarkan pencernaan loh. Kadungan vitamin C yang tinggi didalamnya dapat mempertahankan elestisitas arteri dan meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, jeruk bali juga kaya akan serat yang mampu menjaga pergerakan usus normal dan mencegah ambeien.

Sekian artikel tentang 7 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tau. Semoga informasi tentang kesehatan satu ini bermanfaat dan dapat membantu kamu. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info Blog.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka