Cara Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Cara Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Cara Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja – Kondisi kantor atau perusahaan yang kondusif ditentukan oleh banyak hal. Mulai dari fasilitasnya, sampai dengan sumber daya manusia yang saling mendukung. Nah, sumber daya manusia (karyawan) yang saling mendukung tentunya dipengaruhi oleh relasi antar karyawannya.

Kalian sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan, harus membangun sumber daya yang berkualitas. Apalagi jika kamu karyawan baru, wajib banget untuk membuat kesan baik. Setidaknya dengan membangun relasi yang produktif. Nah, berikut ini adalah beberapa tips simpel, cara menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja.

Jujur

Modal utama agar relasi bisa terbangun dengan baik adalah kejujuran. Sebagai karyawan, kalian juga harus menjunjung tinggi kejujuran, terbuka, dan rendah hati dengan karyawan yang lain. Komunikasi yang sehat ini bisa membuat kalian menjadi lebih produktif.

Saling menghormati

Ilustrasi Bekerja Team
Ilustrasi Bekerja Team – Sumber: Pexels.com

 

Tidak hanya dengan atasan, kalian juga harus menunjukkan sikap saling menghormati dengan karyawan lain, di lingkungan kerja. Apalagi jangan sampai kalian menunjukkan keangkuhan kalian sebagai atasan, atau berkesan seperti orang penting di kantor.

Tidak menuntut

Hormati orang lain yang memiliki andil di pekerjaan kalian dengan saling memuji, menerima, mengoreksi dengan baik jika ada masalah, dan sikap positif lainnya. Jangan kalian menunjukkan sikap yang menuntut, dan bahkan tidak tahu terimakasih.

Menerima

Ilustrasi Berbincang
Sumber: Pexels.com

 

Sangat penting untuk menerima kekuranga maupun kelebihan rekan kerja kalian yang berada di kantor. Ingatlah bahwa semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, kalian harus bersikap seperti ini agar menciptakan suasana yang harmonis saat di kantor.

 

Tidak bergosip

Agar tercipta suasana yang harmonis antara kalian dan rekan kerja lainnya, jangan begosip. Jangan membahas salah satu rekan kerja kalian dengan yang lain. Kaliantidak pernah tahu kapan hal itu akan berbalik dan akan menyebabkan masalah pada diri kalian. Jika tidak menyukai seseorang, maka simpan pada diri sendiri saja. Mungkin perlu dilakukan evaluasi

Pergi keluar bersama rekan kerja

Rekan kerja di kantor bisa saja menjadi teman baik bagi kalian, tidak hanya di dalam kantor tetapi juga di lingkungan pergaulan. Untuk itu, pergilah dengan mereka untuk makan siang atau makan malam bersama. Dengan begitu hubungan antar rekan kerja akan semakin harmonis.

Melakukan kontak mata

Ilustrasi Berbincang
Sumber: Pexels.com

 

Tersenyumlah setiap waktu, tertawalah pada lelucon mereka, dan cobalah untuk tidak menyilangkan tangan dan kaki ketika Anda duduk di depan mereka. Terpenting, pastikan kalian  menunjukkan sikap menghargai dengan semua orang yang ada di kantor. Inilah modal awal agar kantor kalian menjadi perusahaan yang ideal dan sehat.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka