Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!

Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!

Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor! – Mungkin adakah rekan kerjamu yang cenderung enggan untuk berbagi informasi tentang pekerjaan atau kantor? Atau mungkin kamu yang mempunyai sikap seperti ini? Hati-hati, ini merupakan pertanda dari Silo Mentality. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang hal satu ini. mental seperti ini biasanya muncul dari rasa kompetitif diantara rekan kerja. Namun sayangnya, mempunyai mental seperti ini malah akan memberikan dampak buruk bagi pekerjaan. Mental ini juga dapat memberikan efek negative pada budaya kerja perusahaan. Maka dari itu, kenali seperti apa silo mentality ini.

Apa Sih Silo Mentality Itu?

Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!

Silo mentality merupakan keengganan untuk berbagi informasi dengan karyawan dari divisi yang berbeda di perusahaan yang sama. Dalam bisnis, silo mengacu pada divisi yang beroprasi secara independent dan menghindari berbagai informasi. Pada umumnya, mental seperti ini terjadi akibat kompetisi antar manager yang kemudia menyeret anggota timnya. Sehingga lingkungan kerja berubah menjadi toxic. Tentunya ini akan menimbulkan dampak yang negatif pada politik kantor.

Dampak Silo Mentality

Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!

  • Setiap departemen hanya peduli pada kesuksesan mereka dan bukan kesuksesan organisasi secara keseluruhan.
  • Pekerjaan jadi tak efisien dan dapat mengurangi potensi organisasi untuk mencapai tujuannya.
  • Kurangnya komunikasi lintas depatemen sehingga karyawan bekerja dengan informasi yang tak akurat atau kadaluarsa.
  • Penetapan tujuan akan menjadi masalah karena tujuan departemen tak sejalan dengan tujuan organisasni/perusahaan.

Tips Mengatasi Silo Mentality

Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!

1.Ciptakan visi yang sejalan

Ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengahadapi silo mentality dengan menciptakan visi yang sama antara dirimu dan tim. Cobalah untuk tidak focus pada perbedaan dan selalu memiliki visi tujuan organisasi dalam bekerja. Ini dapat dicapai dengan mengatasi masalah perilaku dan berbicara tentang masalah latar belakang yang ada di organisasi. Maka dari itu, kamu dan tim haruslah menyepakati jutuan bersama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut bersama-sama.

2. Bekerjalah emencapai tujuan bersama

Setelah visi, adapun langkah selanjutnya adalah menentukan akar masalah yang mungkin muncul dampak dari mental ini. ada beberapa tujuan dan sasaran taktis yang diindentifikasi, tetapu pelaksanaanya diserahkan atasan. Terkadang tujuan dan sasaran taktis tersebut tidak menjadi prioritas utama. Setelah itu, semua eksekutif dan semua anggota manajemen perlu bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama tersebut. Setiap individu menyadari tujuan ini serta memahami bagaimana mereka dapat membuat dampak secara personal.

3. Lakukan kolaborasi kepada divisi lain

Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa faktor dalam menciptakan tim yang berkembang dan produktif. Yaitu pengetahuan, kolaborasi, kreativitas dan kepercayaan diri. Nah, tanpa keempat faktor dasar ini, tim manapun ditakdirkan untuk gagal. Untuk mendorong timmu dapat menunjukan keempat ciri ini, diperlukannya interaksi lintas departemen. Menddorong interkasi antar departemen ini merupakan kunci untuk menghindari munculnya silo mentality.

4. Jalankan tujuan dan lakukan evaluasi

Ini merupakan hal yang perlu dilakukan jika ingi menghilangkan silo mentality ditempat kerja. Kamu harus menetapkan kerangkan waktu untuk menyelesaikan tujuan bersama, tolak ukur keberhasilan dan mendelegasikan tuhas dan sasaran khusus kepada anggota lain dari tim. Lakukan rapat terjadwal secara teratur untuk meminta pentanggungjawaban setiap karyawan atas tugas yang diberikan harus diadakan. Anda perlu mengetahui bahwa tim berkembang dari rutinitas dan penguatan. Ingatlah, kerjasama tim yang konstan harus dilakukan agar 3 langkah diatas dapat bekerja dengan baik.

Toxic seperti ini harus dihindari dikantor untuk membangun lingkungan kerja yang kondusif dengan kompetensi yang sehat anda karyawan.

Sekian artikel tentang Mengenal Silo Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengenali lebih dalam tentang silo mentality dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk simak artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Lokerbali.info.

Mungkin Kamu Juga Suka

Artikel terbaru

Kategori